Pelatihan Pemanfaatan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Di SDN Dukuh Kupang V Surabaya

Penulis

  • Noviana Desiningrum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Yudha Popiyanto Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • diyas Age Larasati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Nafilah Alifta Firdaus Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Video Youtube

Abstrak

Latar belakang: Kompetensi pedagogic, professional, kepribadian dan sosial harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang guru. Di SDN Dukuh Kupang V Surabaya ini tentu masih memerlukan pengalaman tentang pemilihan metode atau model pembelajaran dan menyiapkan media pembelajaran yang tepat. Dalam pembelajaran sekarang ini, tidak jaman lagi siswa hanya menerima materi pembelajaran dengan menggunakan buku saja, namun siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang tepat untuk menyebarkan (share) video pembelajaran tersebut adalah YouTube. Tujuan: Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk melatih pembuatan video pembelajaran dari YouTube diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru di SDN Dukuh Kupang V Surabaya. Metode: Metode pengabdian masyarakat ini terdiri dari: metode ceramah, metode diskusi, dan metode tanya jawab. Kegiatan pengabdian  masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2024 yang bertempat di ruang rapat Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Surabaya. Kegiatan penmas ini dilaksanakan melalui 3 tahap. Tahap pertama memperkenalkan aplikasi-aplikasi pembuatan video pembelajaran. Tahapan kedua menyusun media pembelajaran berupa video yang akan di share ke YouTube. Tahapan ketiga, guru dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan video YouTube sebagai media pembelajaran. Hasil: Hasil temuan dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: (1) guru mampu memahami aplikasi membuat video pembelajaran (Camstudio, Kinemaster, dan lain-lain), (2) guru mampu menerapkan pembelajaran dengan membuat video yang di share ke YouTube, (3) meningkatkan kompetensi guru khususnya di bidang IPTEK. Kesimpulan: Pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran bagi Guru di SDN Dukuh Kupang V secara berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Alfianti, A., Taufik, M., & Hakim, Z. . (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 1–12.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 10–20.

Junaedah, & Nafiah. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Modern Menggunakan Aplikasi Sway Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Sdn 1 Semanggi. In National Conference for Ummah. Surabaya: UNUSA.

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada mata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan PerubahannWujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang.

Pengembangan Media Jurnal Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119.

Larasati, D. A. (2021). Penggunaan Media SWAY dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid Tema Karakteristik Geografis Indonesia Kelas V SD. In Geo Spatial Proceeding (Vol. 1, pp. 47–52).

Semarang: Magister Pendidikan Geografi Universitas Sebelas Maret.

Larasati, D. A., & Yuanta, F. (2021). Efektivitas Media Microsoft 365: Sway terhadap High Order Thinking Skill dalam Pembelajaran Daring di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 5(6), 5397–5404. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1568 ISSN

Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi PICPAC. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33.

Mila, N., Nuralamsyah, Alisyahbana, A. N. Q., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19", 181–188.

Muslihudin, A. (2019). Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Video Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Suganangan. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 74–86.

Taufikurohman, I. S. (2018). The Effectiveness Of Using Padlet In Teaching Writing Descriptive Text (A Mixed Methods at 10th Grade of One Senior High School in Ciamis). Journal of Applied Linguistics and Literacy, 2(2), 1–8. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jall/index ISSN:

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Pelatihan Pemanfaatan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Di SDN Dukuh Kupang V Surabaya. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 133-140. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/331