Penyusunan e-LKPD untuk Menunjang Kurikulum Merdeka yang Berbasis Project Based Learning di SDI An-Nur
Kata Kunci:
e-LKPD, Kurikulum Merdeka, Project Based LearningAbstrak
Latar belakang: Perkembangan teknologi bagi guru memiliki banyak manfaat terutama dalam pembelajaran. seperti penyusunan asesmen. Asesmen yang disusun guru dapat berupa e-LKPD. Penggunaan e-LKPD untuk memotivasi siswa dalam belajar. Karena dapat dirancang interaktif dan bentuknya yang menarik. Dalam Pengabdian kepada masyarakat ini, diselenggarakan pelatihan penyusunan E-LKPD di SDI AN-Nur dilakukan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada guru agar dapat Menyusun e-LKPD. Guru diharapkan dapat menyusun e-LKPD secara langsung didampingi oleh tutor/pemateri. Tujuan: Tujuan dari pelatihan penyusunan e-LKPD ini adalah peserta dapat menyusun e-LKPD yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Metode: Metode pelatihan ini berupa kegiatan pemaparan materi, penugasan, dan diskusi tanya jawab. Hasil: Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah peserta dapat menyusun E-LKPD dengan baik. Kesimpulan: Peserta dapat menyusun e-LKPD dengan baik dan menyatakan bahwa pelatihan ini sangat menunjang profesional mereka sebagai guru.
Unduhan
Referensi
Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Developing students worksheet on guided inquiry to improve critical thinking skills and learning outcomes of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/5574.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, Juni 2). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 Tahun 2020 tentang rencana strategis kementerian pendidikan dan kebudayaan Tahun 2020-2024.
Rahmawati. (2020). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah. Ida Yeni Rahmawati, 5(1), 27–39. http://journa l. umpo.ac. id /inde x.p hp /a l-asasiyya/index.
S. Ida Kholida, S. 2020. Ketercapaian Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata KuliahStrategi Pembelajaran Melalui Model Pjbl Dengan Berbantuan Aplikasi Zoom Dan D Whatsapp Messenger. Masa Pandemic Covid-19. In Seminar Nasional Pendidikan Fisika Fitk Unsiq 2020. Vol. 2. Pp.280–86.