Penyusunan e-LKPD untuk Menunjang Kurikulum Merdeka yang Berbasis Project Based Learning  di SDI An-Nur

Penulis

  • Meilantifa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author
  • Amalia Chamidah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Suhartono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Endrayana Putut Laksminto Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Herfa Maulina Dewi Soewandi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Nadia Ulfiyanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Ardi Al Fatich Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

e-LKPD, Kurikulum Merdeka, Project Based Learning

Abstrak

Latar belakang: Perkembangan teknologi bagi guru memiliki banyak manfaat terutama dalam pembelajaran. seperti penyusunan asesmen. Asesmen yang disusun guru dapat berupa e-LKPD. Penggunaan e-LKPD untuk memotivasi siswa dalam belajar. Karena dapat dirancang interaktif dan bentuknya yang menarik. Dalam Pengabdian kepada masyarakat ini, diselenggarakan pelatihan penyusunan E-LKPD di SDI AN-Nur dilakukan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada guru agar dapat Menyusun e-LKPD. Guru diharapkan dapat menyusun e-LKPD secara langsung didampingi oleh tutor/pemateri. Tujuan: Tujuan dari pelatihan penyusunan e-LKPD ini adalah  peserta dapat menyusun e-LKPD yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Metode: Metode pelatihan ini berupa kegiatan pemaparan materi, penugasan, dan diskusi tanya jawab. Hasil: Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah peserta dapat menyusun E-LKPD dengan baik. Kesimpulan: Peserta dapat menyusun e-LKPD dengan baik dan menyatakan bahwa pelatihan ini sangat menunjang profesional mereka sebagai guru.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48.

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Developing students worksheet on guided inquiry to improve critical thinking skills and learning outcomes of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/5574.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, Juni 2). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 Tahun 2020 tentang rencana strategis kementerian pendidikan dan kebudayaan Tahun 2020-2024.

Rahmawati. (2020). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah. Ida Yeni Rahmawati, 5(1), 27–39. http://journa l. umpo.ac. id /inde x.p hp /a l-asasiyya/index.

S. Ida Kholida, S. 2020. Ketercapaian Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata KuliahStrategi Pembelajaran Melalui Model Pjbl Dengan Berbantuan Aplikasi Zoom Dan D Whatsapp Messenger. Masa Pandemic Covid-19. In Seminar Nasional Pendidikan Fisika Fitk Unsiq 2020. Vol. 2. Pp.280–86.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Penyusunan e-LKPD untuk Menunjang Kurikulum Merdeka yang Berbasis Project Based Learning  di SDI An-Nur. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 157-162. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/329