Implementasi Metode From To Chart Dalam Rangka Relayout Tata Letak Fasilitas Produksi Tahu Kediri

Penulis

  • Astria Hindratmo Program Studi Teknik Industri, Universitas Wijaya Putra Koresponden Author
  • Ampar Jaya Suwondo Program Studi Teknik Industri, Universitas Wijaya Putra Penulis
  • Giovanni Firmansyah Putra Program Studi Teknik Industri, Universitas Wijaya Putra Penulis
  • Hilbran Maulana Athallah Program Studi Teknik Industri, Universitas Wijaya Putra Penulis

Kata Kunci:

FTC, Tahu, Tata_Letak_Fasilitas

Abstrak

Latar belakang: UKM Tahu “SDD” adalah salah satu UKM Tahu Kediri yang paling terkenal dimana letaknya di kawasan kampung tahu Tinalan. Namun pada proses produksi masih terdapat beberapa permasalahan yaitu kurang efektifnya waktu produksi akibat pengaturan tata letak fasilitas produksi belum sesuai urutan proses produksinya. Tujuan :Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang desain relayout tata letak fasilitas produksi tahu untuk menghasilkan tata letak yang efektif dengan jarak antar fasilitas produksi yang tidak begitu jauh dan sesuai urutan prosesnya agar waktu produksi lebih efisien.  Metode: Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tata letak fasilitas UKM Tahu “SDD” yaitu menerapkan metode From To Chart (FTC). Metode FTC adalah metode yang digunakan untuk mengatur ulang tata letak fasilitas dengan pengaturan lini produksi dan pemeliharaan material selama proses produksi dan perubahan grafik jarak tempuh yang biasanya ditemukan pada peta perjalanan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer melalui wawancara dan pengukuran secara langsung. Hasil: Hasil penelitian menghasilkan desain layout usulan dengan tata letak stasiun kerja ada yang digeser untuk didekatkan dengan memanfaatkan area yang kosong, sehingga jarak antar stasiun kerja yang lebih pendek yaitu sebesar 7 meter dibandingkan sebelumnya pada layout awal sebesar 11,3 meter. Hal tersebut cukup meningkatkan efisiensi proses produksi UKM Tahu “SDD” diimana akan megurangi waktu material handling dan juga mempercepat proses produksi yang akan berakibat pada peningkatan jumlah produksi per harinya. Kesimpulan: Berdasarkan hasil tersebut dapat dismpulkan bahwa hasil analisis backward dan forward pada metode FTC mampu meminimalhakn jarak antar failitas produksi yang akan mengurangi jumlah material hadling serta mempercepat waktu proses produksi.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Agtriani, N. N., & Prabawani, B. (2020). Analisis Proses Produksi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Tahu Di Kelurahan Jomblang Berbasis Eko-Efisiensi (Studi Pada Ukm Tahu Harapan Tenang Semarang). Jurnal Jiab, Vol. 9 No. 2.

Arham, A. & Syamsuddin. (2018). Analisis Efektifitas Dan Efesiensi Tata Letak Pabrik Tahu Super Afifah Di Kelurahan Nunu Kecamatan Tatanga Palu Barat. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 4(3), 253–264.

Barbara & A. S. Cahyana. (2021). Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Menggunakan Metode Activity Relationship Chart (ARC) dan From To Chart (FTC). Jurnal Procedia Eng. Life Sci., vol. 1, no. 2.

Chan A., Apriani, I., & Hayati R. (2016). Produksi Biogas Dan Penyisihan Cod Dari Limbah Cair Tahu. Jurnal Teknologi Lingkunngan Lahan Basah. Vol 4, No 1, Issn 2622-2884.

Munir M. (2017). Usulan Perancangan Ulang Mesin Boiler Produksi Tahu Menggunakan Pendekatan Value Engineering Sebagai Upaya Untuk Meminimalkan Waktu Produksi (Studi Kasus : Ud. Sumber Jaya). Jurnal Matrik , Xviii(1), 21–30, 2017.

Syafa’at, I., & Ratnani, R. D. (2016). Penataan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik Tahu “Susukan” Desa Tamanrejo Kendal.” In Abdimas Unwahas,Vol. 1, Issue 1.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Implementasi Metode From To Chart Dalam Rangka Relayout Tata Letak Fasilitas Produksi Tahu Kediri. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 364-372. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/301