Negarakertasurat: Rancangan Karya Seni Media Berbagi Pesan kepada Pemimpin di Ruang Publik
Kata Kunci:
negarakertasurat, seni media, pesan kepada pemimpin, ruang publik, komunikasi publikAbstrak
Latar belakang: Negarakertagama menjadi karya paling populer dari Kejayaan Majapahit, ini merupakan bentuk apresiasi seorang pujangga kepada Raja/Pumpinan. Spirit partisipatisi ini menginspirasi untuk dibangkitkan kembali. Meski hari ini publik semakin aktif dan dinamis mengomentari kinerja pemerintahan dan proses bernegara terpampang yang media sosial. Namun wahana artistik ruang publik (fisik) belum banyak menggunakan gagasan ini. Tujuan: penelitian pengembangan desain ini adalah mengkaji dan merancang karya seni media yang berfungsi sebagai elemen artistik untuk menyampaikan pesan kepada pemimpin di ruang publik. Metode: eksplorasi rancangan yang melibatkan proses riset etik dan emik, serta penciptaan karya berbasis eksperimentasi yang mempertimbangkan aspek perenungan dan pembentukan. Hasil: 1) inspirasi gubahan dari Negarakretagama menjadi proyek bertajuk Negarakretasurat; 2) pendekatan interdisipliner, karya seni media ini mengintegrasikan estetika seni visual dan desain media sebagai sarana ekspresi sosial, politik, dan budaya. Berfungsi menciptakan ruang yang memungkinkan dialog dan partisipasi aktif antara masyarakat dan pemimpin; dan 3) proyek ini memanfaatkan medium surat, baik dalam bentuk fisik maupun digital, sebagai alat komunikasi kreatif yang menghubungkan suara publik dengan para pemimpin. Kesimpulan: Rancangan Negarakertasurat menekankan pentingnya seni sebagai jembatan dalam komunikasi publik yang dapat menggerakkan perubahan sosial.
Unduhan
Referensi
Abas, S. (2019). Reading the World–Teaching Visual Analysis in Higher Education. Journal of Visual Literacy, 38(1–2), 100–109. https://doi.org/10.1080/1051144X.2019.1574120
Agustriyana, D., Taruna, I., & Faritzal, A. (2024). Analisa Konsep Kepemimpinan Dari Persepsi Gen-Z Dalam Menentukan Role Model Kepemimpinan Di Masa Mendatang. Jurnal Darma Agung, 32(1), 171–180. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4167
Al-Ameen, M. N., Kocabas, H., Nandy, S., & Tamanna, T. (2021). “We, three brothers have always known everything of each other”: A Cross-cultural Study of Sharing Digital Devices and Online Accounts. Proceedings on Privacy Enhancing Technologies, 2021(4), 203–224. https://doi.org/10.2478/popets-2021-0067
Ardiansyah, A., Al-Anshori, T., Zakaria, Z., & Cahyanto, B. (2022). Principles of Online Learning Assessment: A Literature Review Between Western Education Theory and Islamic Education Theory. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 13–28. https://doi.org/10.14421/jpai.2022.191-02
Ayep, A., Fikri, M., Malik Zulkarnain, A., & Fauzi, A. (2022). Kepemimpinan dan Komunikasi (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 315–323. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1434
Battestini, A., Setlur, V., & Sohn, T. (2010). A large scale study of text-messaging use. ACM International Conference Proceeding Series, 229–238. https://doi.org/10.1145/1851600.1851638
Bentz, J., & O’Brien, K. (2019). Art for Change: Transformative learning and youth empowerment in a changing climate. Elementa, 7(1). https://doi.org/10.1525/elementa.390
Fadli. (2022). Hegemoni kerajaan Gowa dan Perang Makassar. Rihlah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan, 10(02), 88–102. https://doi.org/10.24252/rihlah.v10i02.34576
Grau, O. (2015). New media art. In Reading Contemporary Performance: Theatricality Across Genres. London: Oxford Bibliographies. https://doi.org/10.7551/mitpress/9833.003.0007
Jiang, J. H., Berea, A., Bowden, H., Das, P., Fahy, K. A., Ginsberg, J., … Traphagan, J. (2023). Message in a Bottle—An Update to the Golden Record: 1. Objectives and Key Content of the Message. Earth and Space Science, 10(12), 1–16. https://doi.org/10.1029/2023EA003042
Kartika, D. S. (2016). Kreasi artistik: perjumpaan tradisi dan modern dalam paradigma kekaryaan seni. Jakarta: Citra Sains, Lembaga Pengkajian dan Konservasi Budaya Nusantara.
Mousavi, M., Davulcu, H., Ahmadi, M., Axelrod, R., Davis, R., & Atran, S. (2022). Effective Messaging on Social Media: What Makes Online Content Go Viral? In WWW 2022 - Proceedings of the ACM Web Conference 2022 (Vol. 1). Association for Computing Machinery. https://doi.org/10.1145/3485447.3512016
Muhammad. (2017). Tafsir Ayat-Ayat Tentang Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Almufida, 2(1), 138–157.
Mulyana, S. (2006). Tafsir Sejarah Nagarakretagama. Yogyakarta: LKiS.
Mutmainnah, Najamuddin, & Ridha, M. R. (2021). Kerajaan Gowa Pada Masa Pemerintahan I Mangarangi Daeng Manrabbia 1593-1639. Attoriolog Jurnal Pemikiran Kesejarahan Dan Pendidikan Sejarah, 19(1), 1–10.
Peramesti, N. P. D. Y., & Kusmana, D. (2018). Kepemimpinan Ideal Pada Era Generasi Milenial. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 19(1), 73–84. https://doi.org/10.33701/jt.v10i1.413
Salehudin, M., Hamid, A., Zakaria, Z., Rorimpandey, W. H. ., & Yunus, M. (2020). Instagram User Experience in Learning Graphic Design. Hasil Telusur Hasil Web International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(11), 183–199. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i11.13453 Mohammad
Strehovec, J. (2009). New media art as research: art-making beyond the autonomy of art and aesthetics. Technoetic Arts, 6(3), 233–250. https://doi.org/10.1386/tear.6.3.233_1
Xu, C., Du, X., Fan, X., Giuliani, G., Hu, Z., Wang, W., … Guo, H. (2022). Cloud-based storage and computing for remote sensing big data: a technical review. International Journal of Digital Earth, 15(1), 1417–1445. https://doi.org/10.1080/17538947.2022.2115567
Zakaria, Z., Ardiansyah, A., Srinin, W., Kurniawan, C., & Hidajat, R. (2023). The Mask of Leadership: Reflection on Art-Based Learning for Preservice Teachers. Journal of Leadership in Organizations, 5(1), 1–44. https://doi.org/10.22146/jlo.75522
Zakaria, Z., Setyosari, P., Sulton, & Kuswandi, D. (2019). The effect of art-based learning to improve teaching effectiveness in pre-service teachers. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3). https://doi.org/10.17478/jegys.606963