Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Masalah Kenakalan Anak Studi Kasus Siswa Kelas III SDN 2 Tugu Sendang

Penulis

  • ELEN OKTAVIA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Penulis
  • Muhamad Basori Universitas Nusantara PGRI Kediri Penulis
  • Sutrisno Sahari Universitas Nusantara PGRI Kediri Penulis

Kata Kunci:

Kenakalan anak, Peran guru, Studi kasus

Abstrak

Latar Belakang: Kenakalan anak, yang terjadi baik di sekolah maupun di luar sekolah, telah mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir di hampir seluruh pelosok negeri. Faktor pemicunya meliputi kurangnya perhatian dari orang tua, lingkungan yang tidak mendukung, pengaruh media sosial, serta lemahnya kontrol diri. Kasus-kasus yang mencakup pemalakan uang, merokok, pencurian, bolos sekolah, dan bullying menjadi contoh nyata dari fenomena ini. Upaya penanggulangan termasuk tindakan preventif, represif, kuratif, dan pre-emtif perlu dilakukan secara komprehensif. Dalam konteks pendidikan, guru memiliki peran krusial sebagai agen pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membimbing, memotivasi, dan memberikan inspirasi kepada siswa. Tujuan: Penelitian ini secara khusus mengkaji kasus kenakalan anak pada siswa kelas III di SDN 2 Tugu Sendang, mengidentifikasi permasalahan seperti pemalakan uang, merokok, pencurian, bolos sekolah, dan bullying, yang memerlukan tindakan yang tepat baik dari pihak sekolah maupun orang tua untuk mencegah serta menanggulangi lebih lanjut. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data diperoleh melalui review dan tatap muka. Penelitian ini merupakan jenis studi kasus, di mana peneliti terlibat langsung dalam pengumpulan data di SDN 2 Tugu Sendang, yang berlokasi di Desa Tugu, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Tahapan penelitian meliputi : Tahapan Persiapan/Pra Lapangan mencakup menyusun rancangan lapangan, memilih lapangan penelitian, mengurus perizinan, serta menjajaki dan menilai lapangan. Tahapan Pekerjaan Lapangan melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi sesuai dengan fokus masalah dan tujuan penelitian. Tahapan Analisis Data membahas prinsip pokok dalam analisis data seperti menemukan tema dan merumuskan masalah. Hasil: penelitian menunjukkan pentingnya peran guru kelas III dalam mengatasi masalah kenakalan anak di SDN 2 Tugu Sendang dan perlunya kolaborasi antara guru, orang tua, dan pihak terkait lainnya dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Kesimpulan: Sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang peran guru kelas dalam mengatasi masalah kenakalan anak, serta memberikan arahan bagi pengembangan strategi intervensi yang lebih efektif di masa depan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Bogdan, R. (1972). Participant Observation in Organizational Settings. Syracuse, New York: Syracuse University Press.

Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. (1982). Qualitative Research for Education: An. Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Daien Indrakusuma, Amier. Pengantar Ilmu Pendidikan. 1973. Malang: FIP-IKIP.

Gunarsa, Singgih D. 2001. Psikologi Praktis: anak remaja dan keluarga. Jakarta: Gunu.

Imam Barnadib, Sutari. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. 1986. Yogyakarta: FIP-IKIP Yogyakarta.

Kirk, J. & Miller, M. L. (1986). Reliability and Validity in Qualitative Research. Beverly Hills: Sage Publication

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Qualitative Data Analysisis. Terjemahan Tjejep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press.

Moeloeng, Lexy.J. Metodologi Penelitian Kualitatif. 2007. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mugiarso, Heru. 2006. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES PRESS.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. 2015. Bandung: CV. Albeta.

Silalahi, U. (2010). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2007. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Yaya dan A. Rusdiana. Pendidikan Multikultural. Bandung: Pustaka Setia.

Suyahman. 2015. Pendidikan untuk Semua antara Harapan dan Kenyataan. Jurnal Bereputasi, hal.274. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Masalah Kenakalan Anak Studi Kasus Siswa Kelas III SDN 2 Tugu Sendang. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 230-242. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/296