Host Range Bakteriofag yang Diisolasi Dari Tanah di Lingkungan Rumah Burung Walet

Penulis

  • Shalwa Wandayani Universitas wijaya kusuma surabaya Penulis
  • Siti Gusti Ningrum Universitas wijaya kusuma surabaya Penulis

Kata Kunci:

Bakteriofag, Host range, Narrow, Tanah, Spot test

Abstrak

Latar belakang : bakteriofag merupakan virus yang dapat menginfeksi bakteri dengan sifat parasite obligat. Bakteriofag hanya menginfeksi patogen target, kedua bakteriofag mereplikasi diri pada bakteri dan menghancurkan sel bakteri inang dengan sempurna melalui proses lisis membunuh bakteri inang. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui host range bakteriofag yang diisolasi dari tanah di lingkungan rumah burung walet. Pada penelitian ini menggunakan 3 bakteri dan isolat bakteriofag yang diisolasi dari tanah yang didapatkan dari rumah sarang burung walet Sumedang. Semua data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif menggunakan grafik dan tabulasi. Metode: metode untuk pengujian host range yaitu spot test. Hasil: berdasarkan hasil dari penelitian pada host range bakteriofag yang diisolasi dari tanah di lingkungan rumah burung walet dapat disimpulkan bahwa sampel yang berasal tanah di lingkungan rumah burung walet dari sumedang dengan uji spot test memiliki host range yang narrow dimana hanya menginfeksi satu bakteri yaitu Stenotrophomonas sp dan pada plak clear terdapat 15 titer dari hasil spot test. Kesimpulan: mengacu pada hasil penelitian pada host range bakteriofag yang diisolasi dari tanah di lingkungan rumah burung walet dapat disimpulkan bahwa yang berasal tanah di lingkungan rumah burung walet dari sumedang dengan uji spot test memiliki host range yang narrow dimana hanya menginfeksi satu bakteri yaitu Stenotrophomonas sp.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ackermann, HW 2016. Klasifikasi bakteriofag. Bakteriofag , 2 , 8-16.

Arifin, M. S., Rahayuningsih, M., & Ngabekti, S. 2014. Distribusi Walet (Collocalia sp) di Kabupaten Grobogan. Life Science, 1(1)

Díaz-Muñoz, SL, & Koskella, B. 2014. Interaksi bakteri-fage di lingkungan alami. Kemajuan dalam mikrobiologi terapan , 89 , 135-183.

DJOJOSUROTO, M. I. 2021. Isolasi Dan Enumerasi Bakteri Nitrifikasi (Nitrobacter sp.) Pada Ecological Floating Bed (EFB).

Doffkay, Z., Dömötör, D., Kovács, T., Rákhely, R. 2015. Bacteriophage Therapy Against Plant, Animal, and Human Pathogens. Acta Biologica Szegediensis. 59: 291-302.

Grabow, WOK 2001. Bakteriofag: pembaruan aplikasi sebagai model virus dalam air. Water Sa , 27 (2), 251-268.

Hardanti, S., Wardani, A. K., & Rukmi, W. D. 2018. Isolasi dan karakterisasi bakteriofag spesifik Salmonella typhi dari kulit ayam. Jurnal teknologi pertanian, 19(2), 107-11.

Marah, N. 2020. Uji Resistensi Antibiotik Terhadap Bakteri Pseudomonas aeruginosa Pada Sarang Burung Walet (Aerodramus fuciphagus) Di Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Novik, G, Alena L and Dzianis R. 2017. Bacteriophage taxonomy and classification. Antimicrobial research: Novel bioknowledge and educational programs. (A. Méndez-Vilas, Ed.): 251-259.

Ritonga, B. F., & Savira, M. 2023. Isolasi bakteriofag dari limbah cair dengan aktivitas litik terhadap Escherichia coli. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 23 (1).

O'flynn, G., Ross, RP, Fitzgerald, GF, & Coffey, A. 2004. Evaluasi campuran tiga bakteriofag untuk pengendalian hayati Escherichia coli O157: H7. Mikrobiologi terapan dan lingkungan , 70 (6), 3417-3424.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Host Range Bakteriofag yang Diisolasi Dari Tanah di Lingkungan Rumah Burung Walet. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 250-256. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/295