Morfologi Bakteriofag Yang Di Isolasi dari Air Di Lingkungan Rumah Burung Walet (Aerodramus fucip)hagus)

Penulis

  • Junita Mutiara Putri Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Dr. drh. Siti Gusti Ningrum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author

Kata Kunci:

Aerodramus fuciphagus, air, Pseudomonas putida

Abstrak

Latar belakang: Data tentang bakteriofag yang diisolasi dari air yang ditemukan di lingkungan rumah burung walet tidak ditemukan dalam sumber daya yang disediakan. Namun, beberapa sumber menemukan bakteri lain seperti Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Bacillus sp, Pseudomonas sp, Erwina sp, Enterobacter, dan Shigella sp pada feses dan sarang burung walet. Tujuan: Untuk mengetahui tipe plaque dari bakteriofag Pseudomonas putida yang diisolasi dari air di lingkungan rumah burung walet. Metode: Kultur Bakteri Pseudomonas putida media yang digunakan adalah BHIA dan BHIB. Kultur bakteri Pseudomonas putida pada media BHIA dengan teknik kuadran dan diinkubasi selama 24 jam dalam suhu 30C˚. Bakteri diambil koloni terpisah denga ose bulat lalu dicelupkan pada erlen yang berisi BHIB dan diinkubasi sampai terlihat keruh pada incubator shaker dengan suhu 30C˚. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Deskriptif yang dimaksud adalah dengan menerangkan dan memaparkan hasil dari penelitian yang didapat. Hasil: Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa bakteri Pseudomonas putida membentuk fag turbid mengindikasikan bahwa bakteriofag yang diisolasi tidak dapat secara efektif melisiskan atau menginfeksi bakteri tersebut. Fag turbid biasanya menghasilkan zona pertumbuhan bakteri yang tidak jelas atau buram di sekitar titik aplikasi fag pada media kultur. Fenomena ini menandakan kegagalan fag untuk membentuk lisis atau pembentukan zona jelas di sekitar area infeksi, yang biasanya terlihat sebagai area yang jernih atau "transparan" di sekitar tempat fag aktif dalam menginfeksi dan membunuh bakteri inang. Selain bakteri Pseudomonas putida, terdapat bakteri lain seperti Ralstonia solanacearum dan Aerodramus fuciphagus yang terdapat hasil turbid. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kesimpulan bahwa bakteriofag uji Pseudomonas putida yang diisolasi dari air di lingkungan rumah burung walet memiliki morfologi tipe plak turbid yang menunjukkan bahwa bakteriofag tersebut tidak efektif dalam melisiskan atau menginfeksi bakteri yang di uji (Pseudomonas putida).

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Aislabie. 2018. Soil Microbes and Their Contribution to Soil Services.http://www.ecoclimatico.com/archives/¿se-puedhacercombustible- conrestosdecomida-3949.

Haghani, A., P. Mehrbod, N. Safi, N.A. Aminuddin, A. Bahadoran, A.R. Omar, andA. Ideris. 2016. In vitro and in vivo mechanism of immunomodulatory and antiviral activity of Edible Bird’s Nest (EBN) against influenza A virus (IAV) infection. Journal of Ethnopharmacology. 185:327-340.

Ibrahim, W.K.W., M.R. Yaacob, and A. Abdullah. 2015. The importance of technical knowledge in sustainability of Malay bird’s nest industry in Malaysia. Journal of Applied Environmental and Biological Sciences. 5:190-196.

Ibrahim, W.K.W., M.A. Rahman, N.F.N.A. Jelani, and M.R. Yaacob. 2021. Suitable habitat and environmental conditions for succesfull edible bird nest swiftlet houses. Annals ofthe Romanian Society for Cell Biology. 3086-3096.

Molina, L., Segura, A., Duque, E., & Ramos, J. L. (2020). The versatility of Ps eudomonas putida in the rhizosphere environment. In Advances in applied microbiology (Vol. 110, pp. 149-180). Academic Press.

Widiyani, P., Latif, H., Lukman, D. W., & Sudarwanto, M. B. (2021). Artikel Review: Bakteri Nitritasi dan Peranannya dalam Keberadaan Nitrit pada Sarang Burung.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Morfologi Bakteriofag Yang Di Isolasi dari Air Di Lingkungan Rumah Burung Walet (Aerodramus fucip)hagus). (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 465-473. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/294