Host Range Bakteriofag Yang Diisolasi Dari Limbah Di Lingkungan Rumah Burung Walet

Penulis

  • Bagas Satrio Dewantoro Dewantoro Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Siti Gusti Ningrum Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author

Kata Kunci:

Bakteriofag, Host range, Plaque assay, Spot test

Abstrak

Latar belakang Bakteriofag adalah salah satu organisme hidup mikroskopis paling umum yang menghuni bumi ini. Bakteriofag merupakan virus yang dapat menginfeksi bakteri. Bakteriofag merupakan virus yang memiliki sifat parasit obigat terhadap bakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui status narrow atau broad host range dari bakteriofag yang diisolasi dari limbah di lingkungan rumah burung walet. Kultur bakteri Stenotrophomonas maltophilia, Pseudomonas putida dan Priestia megaterium digunakan dalam uji host range metode spot test kemudian dilanjutkan dengan metode plaque assay untuk mengetahui jumlah titer bakteriofag. Media yang digunakan adalah Tryptone Soya Agar, Tryptone Soya Agar semi solid, dan Brain Heart Infusion Broth. Kultur bakteri Stenotrophomonas maltophilia, Pseudomonas putida dan Priestia megaterium pada media Tryptone Soya Agar dan diinkubasi selama 24 jam dalam suhu 30˚C. Bakteri diambil koloni terpisah dengan ose bulat lalu dicelupkan pada erlen mayer yang berisi Brain Heart Infusion Broth dan diinkubasi sampai terlihat keruh pada inkubator shaker dengan suhu 30˚C. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif observasional. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa bakteriofag mampu melisiskan bakteri Stenotrophomonas maltophilia dikonfirmasi terbentuknya plak clear atau zona bening metode spot test pada cawan petri. Pada percobaan uji host range dengan menggunakan tiga bakteri Stenotrophomonas maltophilia, Pseudomonas putida dan Priestia megaterium didapatkan hasil bahwa bakteriofag hanya dapat menginfeksi dan melisiskan bakteri Stenotrophomonas maltophilia. Dapat disimpulkan bahwa host range bakteriofag yang diisolasi dari limbah di lingkungan rumah burung walet adalah memiliki kisaran inang Narrow atau sempit. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kesimpulannya bahwa host range atau kisaran inang bakteriofag dari limbah dilingkungan rumah burung walet adalah narrow atau sempit. Karena hanya mampu melisiskan satu bakteri Stenotrophomonas maltophilia dikonfirmasi munculnya clear plak pada uji spot test.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Deshanda, R. P., R. Lingga, N.A. Hidayati, E. Sari, dan R. Hertati. 2019. Fag Salmonella asal limbah pasar Ikan Dan air Sungai Di Sekitar Kampus Universitas Bangka Belitung. EKOTONIA: Jurnal Penelitian Biologi, Botani, Zoologi dan Mikrobiologi, 3(2), 45-49.

Dwinanti, S.H., 2014. Modification of non-selective-solid media for aquatic bacteria. Jurnal Akuakultur Indonesia, 13(2), pp.163-166.

Djojosuroto, M. I. (2021). Isolasi Dan Enumerasi Bakteri Nitrifikasi (Nitrobacter sp.) Pada Ecological Floating Bed (EFB).

Gaffar, A., & Suryani, E. M. 2022. Bakteriofag dan aplikasi dalam mengendalikan bakteri patogen untuk meningkatkan kemanan pangan. Bioma, 18(2), 42-48.

Jatmiko, Y.D., Purwanto, A.P. and Ardyati, T., 2018. Uji Aktivitas Bakteriofage Litik dari Limbah Rumah Tangga Terhadap Salmonella Typhi. Jurnal biodjati, 3(2), pp.134-147.

Novik, G, Alena L and Dzianis R. 2017. Bacteriophage taxonomy and classification. Antimicrobial research: Novel bioknowledge and educational programs. (A. Méndez-Vilas, Ed.): 251-259.

Ritonga, B. F., & Savira, M. 2023. Isolasi bakteriofag dari limbah cair dengan aktivitas litik terhadap Escherichia coli. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 23(1).

Rusdi, N. P. 2020. Uji Resistensi Antibiotik Terhadap Bakteri Enterobacter cloacae complex pada Sarang Burung Walet (Aerodramus fuciphagus) di Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Schrader, S. 2014. The Isolation and Characterization of TiroTheta9, a Novel A4 Mycobacterium Phage.

Sulakvelidze, A. (2013). Using Lytic Bacteriophages to Eliminate or Significantly Reduce Contamination of Food by Foodborne Bacterial Pathogens. Journal of the Food and Agriculture.93 : 3137-3146.

Suttle, C.A., 2016. Environmental microbiology: Viral diversity on the global stage. Nature microbiology, 1(11), pp.1-2.

Syahrul, F., Wahyuni, C. U., Notobroto, H. B., Wasito, E. B., Adi, A. C., & Dwirahmadi, F. (2020). Transmission media of foodborne diseases as an index prediction of diarrheagenic Escherichia coli: Study at elementary school, Surabaya, Indonesia. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(21), 8227.

Widiyani, P., Latif, H., Lukman, D. W., & Sudarwanto, M. B. 2021. Artikel Review: Bakteri Nitritasi dan Peranannya dalam Keberadaan Nitrit pada Sarang Burung Walet. Jurnal Kajian Veteriner, 9(2), 98-109.

Yunus, R., Mongan, R. and Rosnani, R., 2017. Cemaran bakteri gram negatif pada jajanan siomay di kota Kendari. Medical Laboratory Technology Journal, 3(1), pp.11-16.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Host Range Bakteriofag Yang Diisolasi Dari Limbah Di Lingkungan Rumah Burung Walet. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 493-503. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/293