Isolasi Bakteriofag Dari Limbah Burung Walet Menggunakan Metode Plaque Assay

Penulis

  • Ananda Maudya Savitri Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Siti Gusti Ningrum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author

Kata Kunci:

Bakteriofag, Plaque assay, Rumah burung walet

Abstrak

Latar belakang: Bakteriofag atau phage adalah virus yang menyerang sel bakteri. Karena fag adalah musuh alami bakteri yang sering terdapat dalam air limbah, fag dapat digunakan sebagai agen biokontrol yang efisien untuk mikroorganisme bawaan yang berbahaya. Manfaat bakteriofag adalah kemampuannya menghasilkan enzim lisozim, yang memungkinkan mereka menginfeksi dan melisiskan bakteri tertentu. Ini adalah salah satu manfaat penggunaan bakteriofag untuk melakukan biokontrol bakteri dengan cara yang lebih aman. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengisolasi bakteriofag dari limbah di lingkungan rumah burung walet menggunakan metode plaque assay. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif observational laboratorik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel diambil dari 2 rumah burung walet, dengan jumlah 20 sampel limbah burung walet yang diperoleh dari rumah burung walet di Sumedang. Kultur bakteri yang digunakan sebagai inang untuk isolasi bakteriofag adalah Lysinibacillus sp. Spot test dilakukan dengan mencampurkan 500μl bakteri dan TSA semisolid lalu dituangkan ke media TSA kemudian filtrat bakteriofag di teteskan sebanyak 10μl dan diinkubasi. Setelah zona bening muncul maka dilakukan plaque assay dengan pengenceran 10-1 – 10-6 kemudian masing-masing pengenceran dicampur ke TSA dan diinkubasi pada suhu 30°C. Picking plaque dilakukan dengan mengambil single plaque. Hasil: Hasil spot test dalam penelitian ini terdapat 2 sampel LHW dan LPW yang menunjukkan zona clear, hasil plaque assay diperoleh satu sampel LPW dengan titer 2,5 x 105 PFU/ml. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, isolasi bakteriofag dari limbah burung walet menggunakan metode plaque assay dapat mengisolasi satu bakteriofag terhadap bakteri penghasil nitrit Lysinibacillus sp. Kesimpulan: Penelitian ini berhasil mengisolasi bakteriofag terhadap Lysinibacillus sp.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ahmed, I., Yokota, A., Yamazoe, A., dan Fujiwara, T. 2007. Proposal of Lysinibacillus boronitolerans gen. nov. sp. nov., and transfer of Bacillus fusiformis to Lysinibacillus spaericus comb. nov. International Journal of Systemic and Evolutionary Microbiology. 5: 1117-1125.

Bhardwaj, N., Bhardwaj, S. K., Deep, A., Dahiya, S., dan Kapoor, S. 2015. Lytic Bacteriophages as Biocontrol Agents of Foodborne Pathogens. Asian Journal of Animal and Veterinary Advances. 10(11) : 708 – 723.

Chan GKL., Zhu KY, Chou DJY., Guo AJY., Dong TTX., Tsin KWK. 2013. Surveillance of nitrite level in cubilose: Evaluation of removal method and proposed origin of contamination. Food Control. 34(2) : 637 – 644.

Damayanti, R., Jannah, S. N., Rahaju, S. H. 2016. Isolasi Bakteriofag Salmonella spp. Dari Biofilm Pada Sistem Air Minum Isi Ulang. Jurnal Biologi. 5(2) : 59 – 67.

Feiner, R., Argov, T., Rabinovich, L., Sigal, N., Borovok, I., and Herskovits, A. A. 2015. A New Perspective on Lysogeny: Prophages As Active Regulatory Switches Of Bacteria. Nature Reviews Microbiology. 13(10) : 641.

Madigan, M., Martinko, J., Dunlap, P., and Clark, D. 2012. Brock Biology of Microorganisme. Thirteenth Edition. Pearson Benjamin Cummings. United States America.

Martinez, Sergio. A., and Jenny Dussan. G. 2017. Lysinibacillus spaericus plant growth promoter bacteria ad lead phytoremediation enhancer with canavalia ensiformis. Environmental Progress and Sustainable Energy. 37(1).

Ningrum, S. G. 2021. Deteksi Kandungan Nitrit Dan Hidrogen Peroksida dalam Produk Sarang Burung Walet Bersih Asal Indonesia. Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma. 10(1) : 20.

Payder M., Wong YL., Wong WF., Hamdi OAA, Kadir NA, Looi CY. 2013. Prevalence of nitrite and nitrate contents and its effect on edible bird nest’s color. J Food Sci. 78(12).

Pratiwi, R. H. 2021. Virus Bakteri sebagai Terapi untuk Penyakit Infeksi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains. 4(2) : 193 – 204.

Rahaju, S.H. 2014. Metoda Pengkayaan, Filtrasi, dan Pertumbuhan untuk Isolasi Bakteriofag Spesifik Salmonella typhimurium pada Sampel Air. Journal Sains, Teknologi, dan Kesehatan. 4(1) : 315 – 322.

Ritonga, B. F., and Savira, M. 2023. Isolasi bakteriofag dari limbah cair dengan aktivitas litik terhadap Escherichia coli. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. 23(1).

Sandri, D. 2009. Bakteri hidrokarbonoklastik tanah tercemar penghasil biosurfaktan: skrining dan identifikasi bakteri, optimasi produksi dan karakterisasi produknya. Tesis. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Saputro, E., Bintror, V., Pramono, Y. 2016. Agen Kyuring Alami Pengganti Natrium Nitrit Sintesis pada Kyuring Daging Sapi. Mediagro. 12(1):65 – 75.

Saraswati, F. 2020. Pertumbuhan Populasi Kutu Daun Aphis gossypii Glover (Hemiptera Aphididae) pada Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L) dengan Pemberian Bakteri Lysinibacillus spaericus. Doctoral dissertion. Universitas GadjahMada.

Utomo, B., Widyaratri, Y., Widyanto, R. M. 2018. Metode untuk Mempertahankan kandungan Nitrit Sarang Burung Walet Selama Penyimpanan. Jurnal Kedokteran Fakultas Brawijaya.

Widiyani, P., Latif, H., Lukman, D. W., and Sudarwanto, M. B. 2021. Artikel Review: Bakteri Nitrifikasi dan Peranannya Dalam Keberadaan Nitrit Pada Sarang Burung Walet. Jurnal Kajian Veteriner. 9(2) : 98 – 109.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Isolasi Bakteriofag Dari Limbah Burung Walet Menggunakan Metode Plaque Assay. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 474-481. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/280