Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik

Penulis

  • savitri suryandari PGSD FKIP universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Hery Setiyawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Hasil belajar, IPAS, Self Efficacy

Abstrak

Latar belakang: Self Efficacy merupakan keyakinan dalam diri seseorang terhadap kemampuan yang dimiliki bahwa seseorang mampu untuk melakukan sesuatu atau mengatasi suatu situsi serta keyakinan bahwa seseorang akan berhasil dalam melakukannya. Tujua: penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh self Efficacy dengan hasil belajar IPAS Peserta didik.  Metode Penelitian : Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis ex post fakto, dengan jumlah sample sebanyak 87 siswa yang dipilih secara random sampling. Teknik pengumpulan data pada variable Self Efficacy mempergunakan kuisioner dengan 12 butir item dengan mempergunakan skala likert, sedangkan variable hasil belajar dengan mempergunakan nilai ujian Tengah semester siswa kelas V SDN Pakis V Surabaya. Uji validitas menunjukkan r hitung > 0.211 pada tabel sedangkan  reliabilitas menunjukkan 0,684 > 0.60  sehingga butir item dinyatakan valid serta reliabel.  Hasil uji t diperoleh hasil koefisien regresi senilai – 0.211, dengan nilai t – 15,331 dengan sig 0,000. Hasil temuan: menunjukkan self efficacy mempunyai pengaruh yang signifikan pada hasil belajar IPAS, tetapi arah pengaruhnya negative. Kesimpulan : Arah pengaruh self efficacy negative bisa diakibatkan adanya factor-faktor lain yang menyebabkan arah pengaruhnya negative, diantaranya kurang tantangan dalam materi pelajaran, ataupun metode pembelajaran yang kurang menarik.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ahmad Susanto. (2018), Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya, Jakarta: Prenadamedia Group, h.278

Bandura, A. (1998) Self Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman and Compay, New York, hl.,5.

Efendi,R. (2013). Self Efficacy : Studi Indigenius Pada Guru Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychologi, 2(2). 61-67. https://doi.org/10.1016/BO-08-043076-7/01726.

Delina, A,. & Ganes, G. (2023) Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 11(9), 1841-1854.

Irwanti, F., & Widodo, S. A. (2018) Efektivitas STAD terhadap hasil belajar matematika di tinjau dari minat balajar siswa kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1(2), 92-97.

Kurniawati, H,. & Liana, C,. (2022) Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Bojonegoro. Avatara, e-Jounal Pendidikan Sejarah. 12(1). 1-10

Setiadi, R.(2010) Self Efficacy in Indonesia Teaching Context: A Theoritical and Empirical Perpective.

Subekti, G,M,T,. &bKurniawan, R.Y. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning, Self Efficacy dan motivasi belajar terhadap Peserta Didik SMANISDA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(2), 1-7.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa SMPNegeri di kabupaten CIamis. Jurnal Riset Pendidikan matematika, 4(2). 166.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 243-249. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/277