Relevansi Kepemimpinan Kewijayakusumaan di Era Society 5.0

Penulis

  • Johan Paing Heru Waskito Fakultas Teknik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • FX Wisnu Yudo Untoro universitas wijaya kusuma surabaya Penulis
  • Siswoyo universitas wijaya kusuma surabaya Penulis

Kata Kunci:

kewijayakusumaan, leadership, majapahit, society 5.0

Abstrak

Latar belakang: Di era Kerajaan Majapahit, karakter kepemimpinan Raden Wijaya mampu membawanya sampai pada puncak kejayaan dengan mempersatukan sebagian besar kepulauan nusantara. Saat ini, 600 tahun setelah era Majapahit, jaman berubah total. Berawal dari revolusi industri pertama yang dimulai sejak tahun 1784, sekarang sudah memasuki era Society 5,0. Tujuan: Problem statement yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah masih relevan kah karakter kepemimpinan Kewijayakusumaan di era society 5.0? Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuisioner berbasis skala Likert 1-5. Adapun indikator kepemimpinan Kewijayakusumaan yang diteliti adalah teguh, teteg, tatag, tanggon dan trapsila. Sampelnya adalah para dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Hasil: Dari 45 responden yang mengisi google form didapatkan hasil bahwa 90% menyatakan selalu atau sering menggunakan prinsip – prinsip kewijayakusumaan dalam kehidupan berkeluarga atau dalam lingkungan sosial kemasyarakatan atau dalam lingkungan pekerjaan. Kesimpulan: Hal ini berarti kearifan lokal karakter kepemimpinan kewijayakusumaan tetap relevan sampai saat ini.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdullah, Abdul Gani. (2008). Gaya-gaya kepimpinan dalam pendidikan. Kuala Lumpur: PTS Profesional Publishing. Sdn Bhd.

Bakar, Muhammad Abu dan Abdullah. (2022). Kepemimpinan Ayah Muntasir dalam Keberhasilan Pendidikan Pondok Pesantren Dayah Jamiah Al-Aziziyah. Jurnal Seumubeuet: Jurnal Pendidikan Islam e-ISSN: 2963-7368 vol 1 no 2.

Creswell, J.,W. dan Creswell, J.D. (2009), Research Design : qualitative, quantitative and mixed methods approaches, 3rd edition, Sage Publisher Singapore

Ghozali, Imam. dan Latan, Hariawan. (2012). Partial Least Square : Konsep, Teknik dan Aplikasi Smart PLS 2.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Judge,T.A., Bono, J.,E., Iles, R., dan Gerhardt, M.,W., (2002). Personality and leadership: A qualitative and quantitative review. Journal of Applied Psychology by the American Psychological Association, Inc.2002, Vol. 87, No. 4, 765–780.

Purba,D.F., Nurdin, D., Diturun, A., Irawan, B., dan Darmawan, D. (2023). Mengembangkan Kepemimpinan Pendidikan Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Era Society 5.0. Educare : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, vol 3 no 1.

Saad, Mat Nayan. (2006). Manusia dalam hidup dan perjuangan. Jitra: Penerbitan Manhaj.

Soedijatmiko. (2023). Buku pintar Jatidiri Kewijayakusumaan. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Soemardi, Bimo Wirahadikusuma. (1994). Manajemen. ITB pres Bandung

Sugiono. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik Poltekes Kemenkes Surakarta vol 5 no 1.

Tan, Lu dan Wang, Neng. (2010). Future internet: The Internet of Things. 3rd International Conference on Advanced Computer Theory and Engineering(ICACTE) proceeding.

Zahfri, Muhammad (2022). Analisis dan Evaluasi Konsep-Konsep Kepemimpinan dalam Bisnis: Sebuah Tinjauan Literatur, Aufklarung : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora vol 2 no 1.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Relevansi Kepemimpinan Kewijayakusumaan di Era Society 5.0. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 126-136. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/276