Pengendalian Kualitas Produk Door (Pintu) Dengan Metode Seven Tools

Penulis

  • AMPAR JAYA SUWONDO Universitas Wijaya Putra Penulis
  • Onny Purnamayudhia Universitas Wijaya Putra Penulis

Kata Kunci:

Kualitas, Produk, Seven tools

Abstrak

Latar belakang: Perkembangan industri yang menghasilkan produk berbahan dasar dari kayu saat ini sangat kompetitif. Terdapat  berbagai jenis kayu yang sudah bersertifikat FSC-COC yang bisa dimanfaatkan untuk proses produksi. Seiring dengan permintaan pasar yang cukup tinggi, maka diperlukan desain dan kualitas yang terbaik untuk produk Pintu ini. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalisir adanya produk cacat pada saat proses produksi berlangsung. Metode: menggunakan metode seven tools. Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah data Check Sheet dengan jumlah pengamatan sebanyak 16 jenis cacat produk dan frekuensi sejumlah 125 proses ; Histogram menunjukkan tampilan dari jumlah cacat terendah hingga tertinggi dengan rata-rata frekuensi sebesar 7,0 ; diagram pareto menunjukkan hasil yang bervariatir dengan prosentase cacat tertinggi yaitu cacat ke 2 sebesar 612% ; pada Diagram sebab akibat diadaptkan hasil bahwa penyebab kegagalan proses produksi dipengaruhi oleh 5 faktor yaitu metode, mesin, material, lingkungan dan manusia ; untuk scatter diagram data yang diolah cukup tersebar merata ; diagram aliran (Flowchart) menunjukkan aliran proses produksi ; control chart dihasilkan nilai CL = 0,1322, UCL = 0,2394, LCL = 0,1258. Kesimpulan: Hasil proses produksi dapat dianalisis dengan metode seven tools, sehingga dapat meminimalisir adanya produk cacat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Herman, H. (2019). Strategi Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada PT. Restu Bumi Lestari. Jurnal Akuntansi Barelang, Vol.4 No. 1.

Jayakumar, V.F.M. (2017). Implementation of Seven Tools of Quality in Educational Arena: A Case Study.International Journal of Mechanical Engineering and Technology Vol. 8 Issue 8, 882-891

Kotler, P., dan Armstrong G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Terjemahan Bob Sebran. Jakarta: Erlangga.

Matondang, T.P., dan Ulkhaq, M.M. (2018). Aplikasi seven tools untuk mengurangi cacat produk white body pada mesin roller. Jurnal Sistem dan Manajemen Industri, 2(2), 59., 2018.

Russell, S.N., dan Millar, H. (2014). Exploring the Relationship Among Sustainable Manufacturing

Practises, Business Performance and Competitive Advantage: Perspective from a Developing Economy. Journal of Management and Sustainability, Vol. 4(3), 37–54.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Pengendalian Kualitas Produk Door (Pintu) Dengan Metode Seven Tools. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 82-90. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/251