Peningkatan Penjualan  Rengginang Melalui Pembuatan dan Penggunaan Akun E-commerce pada Kelompok Wahyu Mina Abadi

Penulis

  • Susanti Dwi Ilhami Universitas YPPI Rembang Penulis
  • Daniel Alfa Puryono STIMIK AKI Pati Penulis
  • Damayanti Damayanti Universitas YPPI Rembang Penulis

Kata Kunci:

E-Commerce, Shopee, Penjualan, Rengginang

Abstrak

Latar Belakang: Salah satu produk oleh-oleh daerah Kabupaten Rembang yakni rengginang. Banyak peminat dari produk rengginang ini baik yang berasal dari Kabupaten Rembang maupun luar kabupaten. Intensitas permintaan rengginang yang tinggi yang berasal dari luar daerah namun karena biaya ongkos kirim yang tinggi serta tidak adanya sistem penjualan yang baik menyebabkan banyak konsumen yang membatalkan pesanan. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan melakukan pelatihan pembuatan dan penggunaan akun e-commerce seperti shopee. Tujuan: Tujuan kegiatan ini yakni meningkatkan penjualan produk rengginang.  Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan 5 anggota dari kelompok pengolah dan pemasaran hasil perikanan “Wahyu Mina Abadi” Desa Pasar Banggi Kecamatan Rembang. Metode: Tahapan kegiatan ini yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil: Kegiatan yang telah dilaksanakan memberikan kontribusi positif bagi para anggota kelompok. Setiap anggota kelompok telah memiliki akun shopee dan akun tersebut telah dapat digunakan. Para anggota kelompok telah menguasai cara menggunakan akun tersebut dengan baik. Selain itu, dengan adanya shopee para konsumen yang berada di luar Kabupaten Rembang dapat melakukan pembelian secara online. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian bermanfaat untuk meningkatkan penjualan dan jangkauan wilayah distribusi saat ini dan dimasa yang akan datang melalui pemanfaatan e-commerce.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Adiyanto, Y. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MAKANAN TRADISIONAL RANGINANG ( RENGGINANG ) DI KABUPATEN PANDEGLANG. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(02), 267–276.

Fiertarico, H. B., Harris, H., & Mulia Jaya, F. (2019). KARAKTERISTIK RENGGINANG DENGAN PENAMBAHAN SURIMI IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) PADA KOMPOSISI YANG BERBEDA. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan Dan Budidaya Perairan, 14(1), 45–53. https://doi.org/10.31851/jipbp.v14i1.3369

Hidayat, K., & Yaskun, M. (2019). Pkm umkm rengginang. Prodising Seminar Teknologi Dan Sains, 321–328.

Maflahah, I., Asfan, A., & Istianah, V. (2020). Analisis Nilai Tambah pada Pengolahan Beras Ketan Menjadi Rengginang. Rekayasa, 13(1), 67–70. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v13i1.5745

Mufidah, E., Pudyaningsih, A. R., Hastari, S., & Ghifary, M. T. (2021). Pelatihan Kegiatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Online Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Kandangsapi Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(2), 25–31. https://doi.org/10.51213/jmm.v3i2.55

Nurjamiyah, N., & Hasdiana, H. (2022). Pelatihan Pembuatan Aplikasi E-Commerce untuk Penjualan Baju Batik pada UKM Batik Ardhina. Prioritas: Jurnal Pengabdian …, 04(02), 26–30.

https://www.jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/623%0Ahttps://www.jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/download/623/437

Wardoyo, D. U., Mahardika, D. P. K., & Fahlevi, A. R. (2023). Pendampingan Pencatatan Transaksi Keuangan Untuk Bumdes Pada Bumdes Melati Desa Cipagalo, Kecamatan Bojongsoang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i2.649

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Peningkatan Penjualan  Rengginang Melalui Pembuatan dan Penggunaan Akun E-commerce pada Kelompok Wahyu Mina Abadi. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 1-7. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/250