Pelatihan Pembuatan Aplikasi Sahih Sebagai Media Pembelajaran Aplikasi Android Berbasis SAC Bagi Guru-Guru PAI SD

Penulis

  • Ani Nur Aeni PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang Penulis
  • Dadan Djuanda Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang Penulis
  • Kusman Rukmana Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang Penulis
  • Marwan Maulana Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang Penulis
  • Kamal Aramdan Akbar Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang Penulis
  • Achmad Nurul Hafidz Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang Penulis
  • Muhammad Dzikri Ajri Al-Faridzi Prodi Manajemen, Universitas Pendidikan Indonesia Penulis

Kata Kunci:

Aplikasi Android, PAI SD, Smart_Apps_Creator

Abstrak

Latar Belakang: Guru PAI SD harus mampu membuat media pembelajaran inovatif sebagai sebuah kebutuhan untuk mengajar di era digital ini, salah satunya adalah membuat media pembelajaran berupa aplikasi android. Tujuan: Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan aplikasi SAHIH sebagai media pembelajaran aplikasi android berbasis Smart Apps Creator (SAC) kepada guru-guru PAI SD. Metode: Bentuk kegiatan dilaksanakan secara luring pada tanggal 3 Agustus 2024 melalui pelatihan selama 10 JP kepada 44 guru PAI SD di wilayah Sumedang. Lokasi kegiatan bertempat di SDN Cilengkrang Kec. Sumedang Utara. Hasil: Melalui Pelatihan ini diperoleh hasil: 1) peserta dapat menginput desain aplikasi SAHIH ke dalam SAC, 2) peserta dapat menginstall aplikasi SAHIH pada smartphone masing-masing. 3) peserta dapat mengakses dan mengoperasikan aplikasi SAHIH pada smartphone masing-masing. Simpulan: Berdasarkan hasil pelatihan tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi SAC mudah untuk digunakan dan dioperasikan sebagai rujukan untuk pembuatan media pembelajaran aplikasi andorid, untuk itu disarankan kepada para guru untuk dapat memanfaatkan aplikasi SAC sebagai sarana untuk berinovasi di dalam pembelajaran dengan membuat media pembelajaran yang inovatif.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Aeni, A. N., Hanifah, N., Djuanda, D., Maulana, M., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., et al. (2024). Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Guru SD Melalui Pelatihan Convert Powerpoint Menjadi Media Pembelajaran Aplikasi

Android. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 384. Universitas Andi Djemma.

Aeni, Ani Nur. Erlina, Tiara, Dewi, Diana Puspita, Hadi, Luqman Fakhri, Ramadhani, Safitri. (2022). Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 101–113. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp

Aeni, Nur, A., Hanifah, Nurdinah, Djuanda, & Dadan. (2023). Diseminasi Media Pembelajaran PAI SD Berbasis Aplikasi, 5, 388–403.

Amelia, F., & Ritonga, A. A. (2024). Problematika Guru PAI Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di SMP Pahlawan Nasional Medan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 14(2), 241–252.

Anida, A. (2022). Strategi Inovatif Gurru Pendidikan Agam Islam Di Era Society 5.0. Jurnal

MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(3), 634. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Ariston, Y., Guru Sekolah Dasar, P., & Singkawang, S. (2018). Dampak penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH (Vol. 1).

Azizah. AR. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Seminar Nasional Fisika (SNF) 2020 (pp. 72–80).

Bangsawan, I., Fauziyah, N., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, 8(1), 31–39.

Budianto, N. (2016). Pengembangan Sistem Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Falasifa, 7(1), 97–108.

Fauziah, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Untuk Ke VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 13(2), 1–9.

Haisam Arrasyid, A., Rimanda, R., Puadah, U. S., & Aeni, A. N. (2022). Sharing Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Konten Islami. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 99–103. Infinite Corporation.

Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 28–37. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, D. M., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education, 06(01), 307–316.

Kurniawan, E., & Hidayat, W. (2020). Aplikasi Multimedia Sebagai Media Informasi Interaktif Pada Program Fisioterapi Di Pedesaan. fisioterapi, 4(1), 71–81.

Lestari, Rahmi; Sulian, I. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Siswa Kecanduan Handphone Studi Deskriptif Pada Siswa di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Consilia Jurnal Ilmiah BK, 3(1), 23–37.

Monoarfa, M., Haling, A., & . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Hasil Pengabdian 2021 "Penguatan Riset, Inovasi dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid 19 (pp. 1085–1092).

Mutmainnatul Itsna, N., & Rofi’ah, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 16(01), 60–70.

Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., & Oktadriani, S. L. (2022). Penggunaan Handphone dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(4), 1585. Ideas Publishing.

Nurfadillah, S., Azhar, C. R., Aini, D. N., Apriansyah, F., & Setiani, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), 153–163.

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216.

Wulandari1, D., & Lestari2, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosi Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1689–1695.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Pelatihan Pembuatan Aplikasi Sahih Sebagai Media Pembelajaran Aplikasi Android Berbasis SAC Bagi Guru-Guru PAI SD. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 141-150. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/233