GAME PEMBELAJARAN MULTIPLAYER TEBAK MENGGAMBAR RUMAH ADAT BERBASIS WEB

Authors

  • Roby Dwi Wimbo Wijaksono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Author
  • Noven Indra Prasetya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Author

Keywords:

Game pembelajaran, rumah adat, siswa SD, Web-based Game Multiplayer

Abstract

Indonesia  negara yang kaya akan keberagaman budaya, termasuk rumah adat yang mencerminkan identitas dan nilai budaya masing-masing daerah. Namun,, minat generasi muda terhadap warisan budaya lokal semakin berkurang, terutama karena metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Pada game rumah adat yang sudah ada juga aktivitas cenderung pasif, seperti memilih jawaban, mengeksplorasi peta, atau membaca deskripsi. Maka dengan mengembangkan Game Pembelajaran Multiplayer Tebak Menggambar Rumah Adat Berbasis Web bertujuan sebagai media pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang kompetitif dan menarik, dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar (SD). Game ini menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, Testing, dan distribution. Dengan fitur Multiplayer dan leaderboard, Game ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang budaya Indonesia secara menyenangkan. Game ini juga digunakan oleh masyarakat umum sebagai sarana edukasi budaya. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing memastikan fungsi berjalan sesuai dengan yang dirancang, serta menunjukkan seluruh fitur seperti sistem giliran, sinkronisasi gambar, chat, dan leaderboard dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan pengujian, disimpulkan  game ini telah berhasil memenuhi tujuannya sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Saran pengembangan ke depan menambahkan mode single player, sistem login pengguna, serta perluasan konten rumah adat di Indonesia.

References

R. Peter and M. S. Simatupang, “Keberagaman Bahasa Dan Budaya Sebagai Kekayaan Bangsa Indonesia,” J. Bahasa, Sastra Dan Budaya, vol. 9, no. 1, pp. 96–105, 2022, doi: 10.33541/dia.v9i1.4028.

R. H. Azizah and R. Hasan, “Arsitektural Rumah Gadang sebagai Identitas Suku Minangkabau,” in Jurnal Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2021, pp. B007-B012. doi: 10.32315/ti.9.b007.

H. Adrian and W. Resmini, “Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai-Nilai Budaya Pada Rumah Tradisional Masyarakat Sade Lombok Tengah,” J. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 6, no. 2, p. 13, 2019, doi: 10.31764/civicus.v6i2.670.

Z. Zakiyah and U. Chotijah, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Web Untuk Anak Usia Dini Dengan Construct 2,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 3, pp. 287–293, 2023, doi: 10.32672/jnkti.v6i3.6213.

Normah, B. Rifai, S. Vambudi, and R. Maulana, “Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis SMOTE,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 8, no. 2, pp. 174–180, 2022, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

B. I. Sappile et al., “Dampak penggunaan pembelajaran berbasis game terhadap motivasi dan prestasi belajar,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, no. 1, pp. 714–727, 2024.

P. K. Anisa Wanda Mardiana, “Pengenalan Budaya Daerah Di Pulau Jawa Dengan Game Edukasi ‘Petualangan Si Sape,’” J. Inov. Teknol. Pendidik., pp. 1-(6), 2021.

I. Rohmawati, “Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara ‘Tanara’ Menggunakan Unity 3D Berbasis Android,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 173–184, 2019, doi: 10.24176/sitech.v2i2.3907.

L. Alviando, A. Bhawiyuga, and D. P. Kartikasari, “Penerapan Websocket pada Sistem Live Chat berbasis Web (Studi Kasus Website Kwikku. com),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, pp. 854–862, 2023.

E. S. Aji Rohmat Baktiar1, Dani Mulainsyah2, Effendy Candra Sasmoro3, “Sistem Informasi Pengujian Menggunakan Black Box Testing dengan Teknik State Transition Testing Pada Perpustakaan Yayasan Pendidikan Islam Pakualam Berbasis Web,” J. Kreat. Mhs. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 142–145, 2021, doi: 10.37676/jmi.v14i1.472.

Downloads

Published

30-09-2025