Identifikasi Faktor 7P terhadap Kepuasan Pelanggan di “Kedai Kopi Korporat”

Penulis

  • Bayu Lambang Pratama Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Tri Rahayuningsih Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Diana Puspitasari Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Kedai Kopi Korporat, Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Kedai Kopi Korporat merupakan salah satu bisnis kedai kopi yang mengalami persaingan semakin erat, persaingan yang terjadi diakibatkan karena semakin banyaknya bsinis yang sejenis dengan Kedai Kopi Korporat. Dalam menghadapi persaingan tersebut, maka diperlukan adanya bauran pemasaran untuk mampu mendorong peningkatan laba bagi setiap bisnis. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta melihat bagaimana hubungan yang dimiliki antara variabel bebas 7P terhadap kepuasan pelanggan pada Kedai Kopi Korporat. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada pelanggan di Kedai Kopi Korporat dengan menggunakan skala likert. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan pada Kedai Kopi Korporat dengan sampel sebanyak 75 responden yang dipilih secara sengaja dan acak dengan kriteria yang merupakan pelanggan Kedai Kopi Korporat. Penelitian ini menggunakan metode pengujian data melalui uji validitas dan reliabilitas, serta metode analisis regresi linear berganda adalah metode yang digunakan menganalisis data. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah variabel produk tidak memiliki hubungan terhadap kepuasan pelanggan, harga memiliki hubungan yang tidak signifikan, beberapa variabel lainnya memiliki hubungan secara signifikan, serta seluruh variabel secara bersama-sama memiliki hubungan terhadap kepuasan pelanggan.

Referensi

G. Dwi and L. Cabang, “Analisis bauran pemasaran terhadap omzet penjualan pada PT. Gaudi Dwi Laras Cabang Palembang,” Jurnal Adminika, vol. 3, no. 2, pp. 81, 2017.

S. Harun, “Analisis produksi kopi di Indonesia tahun 2015–2020 menggunakan metode Cobb-Douglass,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, vol. 1, no. 2, pp. 102–109, 2022.

N. Hariansyah, “Segmentasi pasar dalam komunikasi pemasaran Islam,” Jurnal Al-Hikmah, vol. 19, no. 2, pp. 127–138, 2021, doi: 10.35719/alhikmah.v19i2.73.

E. Rahim and R. Mohamad, “Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah,” MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), vol. 2, no. 1, pp. 15–26, 2021, doi: 10.54045/mutawazin.v2i1.234.

A. Kadir, “Peranan brainware dalam sistem informasi manajemen,” Jurnal Ekonomi dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 1, no. September, pp. 60–69, 2018, doi: 10.31933/JEMSI.

D. K. Gultom, M. Arif, and M. Fahmi, “Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan,” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, vol. 3, no. 2, pp. 273–282, 2020. [Online]. Available: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

R. Imanulah, I. Andriyani, and F. N. Melvani, “Pengaruh citra toko, varian produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Restoran Pancious SOMA Palembang,” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 285–295, 2022, doi: 10.37676/ekombis.v10i1.1743.

A. R. Shaleh, “Analisis faktor skala totalitas kerja (work engagement),” in Seminar ASEAN 2nd Psychology & Humanity, 2006, pp. 12–17.

Y. S. Hutabarat, E. Widyorini, and E. Rahayu, “Faktor-faktor psikologi dalam organisasi,” Jurnal Ilmiah Psikologi, vol. 14, no. 1, pp. 62–73, 2021.

N. A. Rofi’i, D. Fatihudin, and M. Mochklas, “Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap peningkatan penjualan pada produk Dr. Kebab Bara Satriya Sidoarjo,” BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, vol. 16, no. 1, pp. 7–33, 2019, doi: 10.30651/blc.v16i1.3141.

M. D. Tajibu, Metode Kuantitatif dalam Ekonomi. Jakarta, Indonesia: Prenada Media, 2021.

H. Himayati, N. W. Switrayni, D. Komalasari, and N. Fitriyani, “Analisis rotasi ortogonal pada teknik analisis faktor menggunakan metode Procrustes,” Eigen Mathematics Journal, vol. 3, no. 1, pp. 45–55, 2020, doi: 10.29303/emj.v3i1.66.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30