Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Tata Usaha Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Penulis

  • Wika Tata Irawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Ahmad Sufaidi
  • Yenik Pujowati

Abstrak

Penelitian dengan judul “Kualitas Pelayanan Tata Usaha Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya” bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Tata Usaha serta faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 85 mahasiswa yang terdiri dari program studi Sosiologi, Ilmu Politik, Kesejahteraan Sosial, dan Ilmu Perpustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui media sosial, serta teknik analisis data yang digunakan berupa kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian mahasiswa terhadap faktor kesadaran, faktor aturan, faktor organisasi, kemampuan dan keterampilan, serta faktor sarana pelayanan memengaruhi kualitas pelayanan yang meliputi responsiveness, assurance, tangibles, empathy, dan reliability. Pada dimensi kualitas pelayanan responsiveness mendapatkan skor 2,84 dengan kategori kurang baik, dimensi assurance mendapatkan skor 2,79 dengan kategori kurang baik, dimensi tangibles mendapatkan skor 2,83 dengan kategori kurang baik, dimensi empathy mendapatkan skor 2,88 dengan kategori kurang baik, dan dimensi reliability mendapatkan skor 2,56 dengan kategori tidak baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan Tata Usaha  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya masih kurang baik dengan skor rata-rata 2,78.

Diterbitkan

2024-08-17

Cara Mengutip

Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Tata Usaha Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya . (2024). Journal of Politics, Governance and Society, 1(1), 44-57. https://journalng.uwks.ac.id/pgs/article/view/140