PENITI-BANGSA

Penulis

Tjatursari Widiartin a
maslihah maslihah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Noven Indra Prasetya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Teguh Ihsan Pribadi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v3i22025.871

Kata Kunci:

Media, Pembelajaran, Canva, Video

Abstrak

Sekolah Dasar IT Al Uswah 2 Banyuwangi masih menghadapi tantangan dalam pengembangan pembelajaran digital akibat kurang efektifnya manajemen sumber daya manusia serta rendahnya kompetensi digital para pendidik. Program kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada Guru SD IT AL USWAH 2 agar memiliki kemampuan dalam menggunakan aplikasi digital sebagai pendukung pembuatan media pembelajaran digital interaktif. Program kegiatan pengabdian kepada Masyarakat akan memberikan pelatihan teknologi Canva. Tahap awal akan diberikan sosialiasi, tahap kedua pelatihan, tahap ketiga penerapan teknologi, tahap keempat pendampingan.

Referensi

SD Islam Terpadu Al Uswah 2. (n.d.). Profil sekolah SDIT Al Uswah 2 Banyuwangi. Diambil dari https://sdit2.aluswah.sch.id/ .

Wulandari, H. T. (2025). Development of interactive learning media: Canva for Education as a solution for primary school instruction [Jurnal]. JPIS / Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (contoh publikasi 2025). Diakses dari https://journals2.ums.ac.id/jpis/article/view/10797 .

Azizah, N. N. (2025). Canva Based Interactive Learning Media to Improve the Ability ... IJEE / e-Journal Undiksha. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/download/89778/32495/274269 .

Pulungan, E. D. (2024). Development of Canva-based interactive teaching materials. Scaffolding Journal. Diakses dari https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/4845/2693 .

Sulasmi, E. (2022). Primary school teachers’ digital literacy: an analysis on teachers’ skills in using technological devices [ResearchGate]. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/363614320_Primary_School_Teachers%27_Digital_Literacy_An_Analysis_On_Teachers%27_Skills_In_Using_Technological_Devices .

World Bank. (2021). The digital future of teacher training in Indonesia: What’s next? (laporan). Diambil dari https://documents1.worldbank.org/curated/en/503441648039461735/pdf/The-Digital-Future-of-Teacher-Training-in-Indonesia-What-s-Next.pdf

Diterbitkan

10-12-2025

Terbitan

Bagian

Articles

##category.category##