DOI:
https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v3i22025.869Kata Kunci:
AI, media sosial, promosi, pemasaran digital , brandingAbstrak
Era transformasi digital telah mengubah lanskap promosi dan pemasaran secara drastis. Lembaga pendidikan, termasuk Madrasah Aliyah (MA), perlu beradaptasi dengan perubahan ini agar mampu bersaing dengan sekolah lain. Digital marketing, khususnya menggunakan media sosial, tidak hanya mengunggah foto atau video, akan tetapi diperlukan pemahaman tentang algoritma, strategi konten, dan analisis data untuk mencapai hasil maksimal. Selain itu, kemampuan artificial intelligence (AI) saat ini dapat membantu proses tersebut, mulai dari pembuatan konten lebih cepat, penulisan caption menarik, hingga penargetan audiens yang lebih spesifik. Oleh karena itu kegiatan pengabdian masyarakat (PkM) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tim media dan Humas Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an (MATIQ) Banyuwangi dalam merancang dan mengeksekusi strategi branding sekolah yang efektif di platform digital dan beralih dari sekadar promosi menjadi pembangun citra institusi yang kuat dan berkelanjutan. Hasil yang dicapai dari kegiatan PkM ini, antara lain (1) Peningkatan kompetensi tim media sekolah dalam memandang media sosial sebagai alat strategis untuk membangun brand. (2) Penguasaan keterampilan teknis yaitu menyusun rencana konten yang terstruktur, membuat promosi yang lebih persuasive dengan memanfaatkan AI seperti chatGPT atau gemini.
Referensi
Agustin, Yona, Harmon Chaniago, and Hidya Indira. 2025. “PENGARUH DIGITAL MARKETING BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA E-COMMERCE.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 9(2):1251–78.
Aini, Qurotul, Sutama Wisnu Dyatmika, Mochamad Heru Riza Chakim, Miftakhul Khasanah, and Zabenaso Queen. 2025. “Integration of Artificial Intelligence in Digital Marketing Strategies Based on Business Data Analytics: Integrasi Kecerdasan Buatan Dalam Strategi Pemasaran Digital Berbasis Analisis Data Bisnis.” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal 6(1):12–20.
Albakry, Nur Safinas, Mohd Ekram Alhafis Hashim, Mohd Fauzi Harun, and Mohd Farizal Puandi. 2025. “The Role of Artificial Intelligence in Creative Design for Advertising and Digital Content in Educational Contexts.” Semarak International Journal of Creative Art and Design 4(1):12–23.
Alfian, Alfian, Meiyanti Nurchaerani, and Raden Rizky Helmi Aldini. 2024. “Pelatihan Penulisan Copywriting Berbasis AI Untuk Meningkatkan Penjualan Kerajinan Tas Di Desa Kadugenep Serang Banten.” Communio: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):1–8.
Ankisqiantari, Nurrofiqi, Iqbal Aditya Haqi, Gulam Hazmin, Adi Prasetyo, and Murniady Muchran. 2025. “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Penggunaan WhatsApp Bisnis Dan Copywriting ChatGPT Di Padukuhan Patukan.” Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(3):874–84.
Behera, Rajat Kumar, Angappa Gunasekaran, Shivam Gupta, Shampy Kamboj, and Pradip Kumar Bala. 2020. “Personalized Digital Marketing Recommender Engine.” Journal of Retailing and Consumer Services 53:101799.
Dito, Anoki Herdian, Florentina Ajeng Tiya Pratiwi, Juventius Wahyu Utama, Dian Prasetyo Widyaningtyas, Wulandari Wulandari, and Bonaventura Hendrawan Maranatha. 2025. “Peningkatan Kompetensi Digital Marketing Siswa SMK Jurusan Pemasaran Melalui Pemanfaatan Canva Berbasis Artificial Intelligence.” Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(2):531–37.
Istiqomah, Nur Hidayatul. 2023. “Transformasi Pemasaran Tradisional Ke E-Marketing: Tinjauan Literatur Tentang Dampak Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Daya Saing Pemasaran Bisnis.” Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam 4(2):72–87.
Kusnilawati, Nunik, Anandha Anandha, and Nining Hidayah. 2025. “Sosialisasi Pemanfaatan Unique Selling Proposition Pada Ibu Rumah Tangga Pelaku Usaha Mikro Kecil Di Kelurahan Bulusan Kecamatan Tembalang Kota Semarang.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(2):1421–29.
Mulyono, Hardi, Muhammad Hilman Fikri, Arief Hadian, Dedi Juliandri Panjaitan, and Abd Rasyid Syamsuri. 2025. “VALUE-BASED MARKETING TRANSFORMATION IN ISLAMIC HIGHER EDUCATION: A MULTIDIMENSIONAL ANALYSIS OF COMPETITIVE DEVELOPMENT STRATEGIES, BRAND IMAGE, AND TRANSFORMATIVE STUDENT EXPERIENCES.” Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi 9(3):1185–93.
Sari, Aprilisa Arum, and Triyono Triyono. 2025. “Optimalisasi Copywriting Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Meningkatkan Daya Tarik Pariwisata Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia 3(1):65–70.
Satrinia, Dwina, Reza Ramadani Firman, and Trimalda Nur Fitriati. 2023. “Potensi Artificial Intelligence Dalam Dunia Kreativitas Desain.” Journal of Informatics and Communication Technology (JICT) 5(1):159–68.
Selasi, Dini, Cory Vidiati, and others. 2025. “PENGEMBANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BERBASIS AI UNTUK UMKM DI ERA EKONOMI DIGITAL.” Bakti Mulya: Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat 3(1):64–74.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) uses a CC-BY-SA or equivalent license optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creations even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgment to the original publication from PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint, and distribute the manuscript in any medium or format.