PENITI-BANGSA

Penulis

Nur Khalimatus Sa'diyah 0818319556
Umi Enggarsasi

DOI:

https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v3i22025.692

Kata Kunci:

Penyuluhan Hukum, Peran Masyarakat, Pencegahan, Bullying

Abstrak

Pengabdian Masyarakat berupa penyuluhan hukum dengan judul Peran Masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan bullying bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat mengenai bahaya bullying serta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanganinya. Bullying, baik dalam bentuk fisik, verbal, maupun cyberbullying, memiliki dampak serius bagi korban, termasuk gangguan psikologis dan sosial. Dalam perspektif hukum, bullying dapat dikategorikan sebagai tindakan yang melanggar hak asasi manusia dan dapat dikenakan sanksi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti Undang-undang Perlindungan Anak, KUHP dan UU ITE. Oleh karena itu, masyarakat memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang aman, termasuk melalui edukasi, pencegahan, dan pelaporan kepada pihak berwenang jika terjadi kasus bullying. Metode penyuluhan ini, menggunakan Yuridis Empiris, peserta diberikan pemahaman mengenai bentuk-bentuk bullying, dampak hukumnya, serta bagaimana peran Masyarakat, keluarga, sekolah, dan komunitas dalam mencegah serta menangani kasus bullying. Masyarakat diharapkan tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga aktif dalam membangun budaya anti-bullying dengan cara mendukung korban, melaporkan pelaku, serta memberikan edukasi kepada anak-anak dan remaja mengenai pentingnya sikap saling menghormati. Dengan adanya peran aktif dari masyarakat, diharapkan angka kasus bullying dapat ditekan dan tercipta lingkungan yang lebih aman serta berkeadilan bagi semua individu.

Referensi

Abdillah, M. H., Tentama, F., & Suwandi, G. F. (2020). Bullying on students in Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(2), 3697–3703.

Ahmad, N., Muslimin, A. A., & Sida, S. C. (2022). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar Sulawesi Selatan. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1318–1333.

Ahmad Muchaddam Fahham. (2024). Kekerasan pada anak di satuan Pendidikan. Analisis Legislatif Madya. https://berkas.dpr.go.id/pusaka/files/isu_sepekan/Isu%20Sepekan---I-PUSLIT-Februari-2024-190.pdf

Aini, Dian Fitri Nur. (2018). Self esteem pada anak usia sekolah dasar untuk pencegahan kasus bullying. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (Jp2sd), 6(1), 55.

Haslan, M. M., Dahlan, D., & Yuliatin, Y. (2020). Perilaku Perundungan (Bullying) dan Dampaknya Bagi Anak Usia Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2).

Imani, F. A., Kusmawati, A., & Tohari, M. A. (2021). Pencegahan kasus cyberbullying bagi remaja pengguna sosial media. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 74–83.

Karim, A., Aunurrahman, A., Halida, H., & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi Landasan Pendidikan dalam Mengoptimalkan Peran Guru dan Manajemen Sekolah dalam Mencegah Perilaku Bullying. Academy of Education Journal, 14(2), 1515–1534.

Krisna, M. E., Amalia, H., & Alsabana, A. S. (2024). Analisis Kasus Perundungan Terhadap Moralitas Peserta Didik Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5488–5501.

Meilan, Nessi, S. S. T., Maryanah, A. M., & Willa Follona, S. S. T. (2019). Kesehatan reproduksi remaja: implementasi PKPR dalam teman sebaya. Wineka Media.

Mirawati, M., Dewata, Z. E., & Syaputri, E. (2022). Psycoeducation Handling The Impact of Cyberbullying on Adolescents at The Bani Adam. JUDIMAS, 3(1), 82–91.

Raffi Ikzaaz Abdallah, et al. (2024). Peran Masyarakat Terhadap Pencegahan Dan Penanggulangan Bullying Pada Anak Ditinjau Dari Sosiologi Hukum (Studi Kasus Kasus Bullying Remaja Perempuan di Batam). Jurnal hukum dan kewarganegaraan, Vol. 3 No. 4. https://ejournal.warunayama.org/index.php/causa/article/view/3189

Rosmi, F., Kartikasari, P., Yuningsih, S., & Anggraeni, L. (2023). Edukasi Intensif Sekolah Ramah Anak Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas Rendah SDN Pamulang Indah. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(6), 84–101.

Rovisa, Ika Ernawati, (2021). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Bullying Siswa Kelas Viii Di Smp N 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2020/2021g-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Vol. 6 No. 1, Bulan Desember, P-ISSN : 2541-6782, E-ISSN : 2580-6467

Sholeh, M. I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Program Anti-Bullying Di Lembaga Pendidikan Islam. Al Manar, 1(2), 62–85.

Susanti, E., Syabrina, L., Pitaloka, D. D., & Kemuning, S. (2023). Bully dan Hate Speech pada Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30712–30720.

Syam, M. U. H. A. (2022). Analisis Perilaku Bullying Dan Penanganannya (Studi Kasus Salah Seorang Pelaku Bullying di SMP Negeri 4 Sendana).

Tirmidziani, Astri, et al. (2018). Upaya Menghindari Bullying Pada Anak Usia Dini Melalui Parenting. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(1), 61.

Wicaksono, V. D., Murtadho, N., Arifin, I., & Sutadji, E. (2021, December). Characteristics of Bullying by Elementary School Students in Indonesia: A Literature Review. In International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 1287–1296. Atlantis Press.

Yuliyanti, S., & Juliangkary, E. (2023). Bullying di Lingkungan Pendidikan: Analisis Filsafat Pendidikan Dari Multiperspektif. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 10(2), 230–242.

Zahro, F., Augusta, S. S., & Romadhan, I. (2024). Komunikasi Empati Untuk Mengurangi Kasus Bullying Pada Siswa SD Negeri Medokan Semampir. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 2(1), 136–146.

Diterbitkan

10-12-2025

Terbitan

Bagian

Articles

##category.category##