DOI:
https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v2i22024.420Kata Kunci:
Media, Projek, Poster, P5, VideoAbstrak
P5 merupakan singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pemuda Pancasila. Proyek ini merupakan bagian dari kurikulum Merdeka. P5 merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam sistem pendidikan generasi muda penerus bangsa. Kegiatan P5 pada dasarnya harus bersifat holistik, Kontekstual, Berfokus pada peserta didik, dan eksploratif. Apapun jenis kegiatan yang dilakukan, pada akhirnya setiap Siswa diwajibkan untuk membuat laporan hasil kegiatan berupa video, poster, buku, dan sebagainya. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, akan dilakukan pelatihan pendampingan kepada Siswa SMA Sunan Giri Menganti Gresik agar memiliki variasi dalam kegiatan P5 dan mudah dalam membuat laporan hasil kegiatan dengan mengenalkan beberapa media yang akan mendukung pembuatan laporan hasil kegiatan tersebut.
Referensi
Farida, N., & Mulyani, P. S. (2023). Studi Analisis Kesiapan Penguatan Relevansi Lembaga PAUD Sebagai Fase Pondasi Kurikulum Merdeka. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 89–102. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15091
Jayawardana, H. B. A., Noviyanti, A. I., Hidayanto, N. E., & Gita, R. S. D. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 8–15. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.710
Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (n.d.). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya.
Nafaridah, T., Maulidia, L., Gillian, M. F. N., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin.
Palayukan, H., Palengka, I., Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. (2023). Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Penerapan Merdeka Belajar Pada Tingkat SMA. 4.
Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan. (2022). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) uses a CC-BY-SA or equivalent license optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creations even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgment to the original publication from PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint, and distribute the manuscript in any medium or format.