PENITI-BANGSA

Penulis

Tjatursari Widiartin Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Nia Saurina Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Noven Indra Prasetya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Anang Kukuh Adisusilo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Shofiya Syidada Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Teguh Ihsan Pribadi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v2i22024.420

Kata Kunci:

Media, Projek, Poster, P5, Video

Abstrak

P5 merupakan singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pemuda Pancasila. Proyek ini merupakan bagian dari kurikulum Merdeka. P5 merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam sistem pendidikan generasi muda  penerus bangsa. Kegiatan P5 pada dasarnya harus bersifat holistik, Kontekstual, Berfokus pada peserta didik, dan eksploratif. Apapun jenis kegiatan yang dilakukan, pada akhirnya setiap Siswa diwajibkan untuk membuat laporan hasil kegiatan berupa video, poster, buku, dan sebagainya. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, akan dilakukan pelatihan pendampingan kepada Siswa SMA Sunan Giri Menganti Gresik agar memiliki variasi dalam kegiatan P5 dan mudah dalam membuat laporan hasil kegiatan dengan mengenalkan beberapa media yang akan mendukung pembuatan laporan hasil kegiatan tersebut.

Referensi

Farida, N., & Mulyani, P. S. (2023). Studi Analisis Kesiapan Penguatan Relevansi Lembaga PAUD Sebagai Fase Pondasi Kurikulum Merdeka. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 89–102. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15091

Jayawardana, H. B. A., Noviyanti, A. I., Hidayanto, N. E., & Gita, R. S. D. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 8–15. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.710

Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (n.d.). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya.

Nafaridah, T., Maulidia, L., Gillian, M. F. N., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin.

Palayukan, H., Palengka, I., Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. (2023). Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Penerapan Merdeka Belajar Pada Tingkat SMA. 4.

Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan. (2022). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf

Diterbitkan

30-11-2024

Terbitan

Bagian

Articles

##category.category##