DOI:
https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v2i22024.414Kata Kunci:
Assemblr Studio, learning media, Raudlatul Jannah, Augmented RealityAbstrak
Media pembeIajaran merupakan saIah satu komponen penting yang mendukung keberhasiIan proses pembeIajaran karena media tersebut berpengaruh pada proses pembeIajaran dan bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru SD Raudlatul Jannah memiliki potensi yang sangat besar dalam penguasaan teknologi informasi terutama dalam membuat media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Kegiatan PkM ini menggunakan metode pengembangan sistem Multimedia Development Lifecycle (MDLC) karena dapat menggabungkan berbagai media seperti gambar, animasi, suara, dan video yang berfokus aplikasi pada multimedia. terdapat enam pengujian yang dilakukan oleh tim PkM dalam membuat media pembelajaran menggunakan Assemblr Studio berbasis Augmented Reality. Pengujian yang dilakukan adalah bagaimana peserta dapat melakukan pembuatan media pembelajaran dengan langkah-langkah membuat proyek baru, menambahkan obyek, menambahkan interaksi, menambahkan scene, menambahkan teks dan publish aplikasi.
Referensi
Aghni, R. I. (2018). FUNGSI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA. Majalah Ilmiah UNIKOM, 18(2), 51–58. https://doi.org/10.34010/miu.v18i2.3936
Keumala, M. F., Hartinah, S., & Suriswo, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite Mata Pelajaran Informatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E SMK. Journal of Education Research, 5(3), 4115–4120. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1567
Lino Padang, F. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46
Listiawan, T., Hayuningrat, S., & Anwar, M. K. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 8(2), 1–10. https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.3637
Maenah, M., Taufiqulloh, T., & Sudibyo, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Journal of Education Research, 5(3), 3272–3282. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1452
Mustaqim, I. (2016). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525
Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408
Puspita Nilamsari, D., & Parma Dewi, I. (2023). Rancang Bangun Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index
Rizal, M. H., & Nur Ikhsan, A. (2022). Konstruksi Storyline Sebagai Strategi Komunikasi Company Profile PT. Aliyah Perdana Wisata. Jurnal Bahasa Rupa. https://bit.ly/jurnalbahasarupa
Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(5), 190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) uses a CC-BY-SA or equivalent license optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creations even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgment to the original publication from PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint, and distribute the manuscript in any medium or format.