PENITI-BANGSA

Penulis

Teguh Pribadi Ikhsan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Anang Kukuh Adisusilo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Nonot Wisnu Karyanto Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Lestari Retnawati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Udik Pudjianto Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP)

DOI:

https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v2i22024.414

Kata Kunci:

Assemblr Studio, learning media, Raudlatul Jannah, Augmented Reality

Abstrak

Media pembeIajaran merupakan saIah satu komponen penting yang  mendukung  keberhasiIan proses pembeIajaran karena media tersebut berpengaruh pada proses pembeIajaran dan bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru SD Raudlatul Jannah memiliki potensi yang sangat besar dalam penguasaan teknologi informasi terutama dalam membuat media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Kegiatan PkM  ini  menggunakan metode  pengembangan  sistem  Multimedia Development Lifecycle (MDLC) karena dapat  menggabungkan  berbagai  media  seperti  gambar,  animasi,  suara,  dan  video  yang  berfokus  aplikasi pada  multimedia. terdapat enam pengujian yang dilakukan oleh tim PkM dalam membuat media pembelajaran menggunakan Assemblr Studio berbasis Augmented Reality. Pengujian yang dilakukan adalah bagaimana peserta dapat melakukan pembuatan media pembelajaran dengan langkah-langkah membuat proyek baru, menambahkan obyek, menambahkan interaksi, menambahkan scene, menambahkan teks dan publish aplikasi.

Biografi Penulis

  • Anang Kukuh Adisusilo, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

    Informatics

  • Nonot Wisnu Karyanto, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

    Informatics

  • Lestari Retnawati, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

    Informatics

  • Udik Pudjianto, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP)

    Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP)

Referensi

Aghni, R. I. (2018). FUNGSI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA. Majalah Ilmiah UNIKOM, 18(2), 51–58. https://doi.org/10.34010/miu.v18i2.3936

Keumala, M. F., Hartinah, S., & Suriswo, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite Mata Pelajaran Informatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E SMK. Journal of Education Research, 5(3), 4115–4120. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1567

Lino Padang, F. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46

Listiawan, T., Hayuningrat, S., & Anwar, M. K. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 8(2), 1–10. https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.3637

Maenah, M., Taufiqulloh, T., & Sudibyo, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Journal of Education Research, 5(3), 3272–3282. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1452

Mustaqim, I. (2016). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408

Puspita Nilamsari, D., & Parma Dewi, I. (2023). Rancang Bangun Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Rizal, M. H., & Nur Ikhsan, A. (2022). Konstruksi Storyline Sebagai Strategi Komunikasi Company Profile PT. Aliyah Perdana Wisata. Jurnal Bahasa Rupa. https://bit.ly/jurnalbahasarupa

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(5), 190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Diterbitkan

30-11-2024

Terbitan

Bagian

Articles

##category.category##