PENITI-BANGSA

Penulis

Diana Wahyuni Firnanda Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Muhammad Zuhri Ardiansyah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Muhammad Ishom Sholid Murtadho Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Andi Atilla Bachri Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Alysia Dewi Nur Masyithoh Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Nonot Wisnu Karyanto Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v2i12024.180

Kata Kunci:

Proses Pembelajaran, Presentasi Visual Interaktif, Power Point.

Abstrak

Seiring semakin berkembangnya teknologi, penggunaan aplikasi perangkat lunak seperti Microsoft Power Point menjadi semakin penting dalam proses pembelajaran, termasuk bagi anak-anak di DK. Sumberrejo 1. Power Point memiliki potensi besar untuk pembelajaran atau pelatihan dan cara mnyampaikan materi lebih menarik lagi. Microsoft Power Point menjadi alat bantu yang efektif dalam membantu menyampaikan materi secara visual dan interaktif, yang dapat meningkatkan pemahaman anak-anak. Masalah yang sering dihadapi oleh anak-anak tersebut adalah menghadapi kesulitan dalam membedakan ikon-ikon dan memahami fungsi-fungsi pada aplikasi Power Point. Hal ini dapat menghambat kemampuan anak-anak untuk memanfaatkan aplikasi Power Point ini secara maksimal di dalam pembelajaran sehari-hari. Pengenalan Microsoft Power Point ini bertujuan untuk menciptakan proses pembelajaran di masa depan. Dengan memahami dasar-dasar penggunaan Power Point dapat membuat presentasi yang lebih menarik sehingga meningkatkan motivasi dan semangat dalam belajar. Dengan pengenalan ini, diharapkan para anak-anak yang diajarkan dapat mengetahui dan menerapkan ilmu-ilmu dasar yang telah diajarkan. Metode dalam pengenalan Power Point ini adalah metode demonstrasi, dimana materi yang diberikan secara lisan dan juga mempraktikkan cara pengaplikasiannya. Langkah-langkah dalam menggunakan Microsoft Power Point ini dijelaskan secara rinci untuk memastikan anak-anak dapat memahami dan mengaplikasikan pengetahuan dengan efektif sehingga Power Point dapat menjadi media pembelajaran yang cukup untuk saat ini.

Referensi

Debora Napitupulu, F., Sihombing, Y., Monalisa Hutapea, D., Friska, W., & Julprika Veronika Tambunan, J. (2024). Penggunaan Media Canva Dalam Pengenalan Power Point Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMA Negeri 1 Kutalimbaru. 2(1), 86–96. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i1.819

Hardi, T., & Puspitasari, T. (2023). PELATIHAH DASAR PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT OFFICE DI MTS INSAN KREASI. 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35315/intimas.v3i1.9130

Juanita, S., Hayati, P., Dolly, D., Shaka, V., & Sakti, Y. (n.d.). PELATIHAN MICROSOFT POWER POINT. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i2.4670

Kamil, A. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Aplikasi Microsoft Office Power Point. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 3(2), 23–26. https://doi.org/https://doi.org/10.37251/jpaii.v3i2.623

Ningsiati, W., & Mertha, Y. (2021). Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.601

Pradana, R., Hardjianto, M., Achadiani, D., Irawati, R., Handayani, I. P., & Informasi, S. (2022). JAM-TEKNO Pelatihan Peningkatan Kualitas Siswa-siswa PKBM Pada Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif. 3(1), 14–19. http://jurnal.iaii.or.id/index.php/JAMTEKNO

Rais, M., & Taha, S. (n.d.). PENGEMBANGAN APLIKASI MICROSOFT POWER POINT PADA SISTEM OPERASI ANDROID SEBAGAI BENTUK MEDIA PEMBELAJARAN ILMU BAHAN LISTRIK. Retrieved June 6, 2024, from https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1687777&val=4329&title=PENGEMBANGAN%20APLIKASI%20MICROSOFT%20POWER%20POINT%20PADA%20SISTEM%20OPERASI%20ANDROID%20SEBAGAI%20BENTUK%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20ILMU%20BAHAN%20LISTRIK

Rezeqi, S., Nasution, A., Rasyid, A., Gani, F., Ginting, B., & Ginting, E. (n.d.). Evaluasi Aplikasi Berbasis Power Point Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Metode Etnobiologi (Vol. 3, Issue 2).

Simarmata, K. , E. R. , & S. E. Y. (n.d.). 2684-Article Text-6219-1-10-20210701. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2684

Subariah, R., Apriyanto, Y., Sari Dewi, R., Dwi Lestari, N., Panji, A., & Firmansyah, R. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN DESIGN PRESENTASI YANG MENARIK MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/pik/article/view/125

Sulistiani, H., Dwi Putra, A., Rahmanto, Y., & Bagus Fahrizqi, E. (2021). PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN VIDEO EDITING DI SMKN 7 BANDAR LAMPUNG. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 160–166. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1375

Unduhan

Diterbitkan

31-05-2024