DOI:
https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v3i22025.179Kata Kunci:
Jurnal Pengabdian, Sekolah menengah, Kejuruan, Informatika, WebsiteAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam bidang Teknologi Informasi. Program ini juga memberikan pengalaman belajar sekaligus praktik kepada mahasiswa melalui keterlibatan langsung dalam kegiatan pemberdayaan siswa di komunitas Computer Science Society, Puncak CBD Apartment No. 8D, Surabaya. Lokasi dan karakter komunitas tersebut memberikan potensi yang besar dalam memperluas wawasan serta menambah pengetahuan siswa SMK terkait perkembangan teknologi. Kegiatan yang dilaksanakan berfokus pada pelatihan pembuatan halaman web sederhana menggunakan bahasa pemrograman HTML dan CSS. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai dasar-dasar HTML dan CSS. Selain itu, peserta menunjukkan antusiasme tinggi dan mampu menerapkan materi dalam pembuatan website. Antusiasme tersebut muncul karena di sekolah asal mereka belum terdapat pembelajaran mengenai HTML dan CSS, sehingga pelatihan ini memberikan pengetahuan baru yang relevan dengan kebutuhan mereka.
Referensi
Akhimelita, L., Sumarto, & Abdullah, A. G. (2020). Model Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN, 27-33. doi:https://doi.org/10.21067/jmk.v5i1.4299
Diana, & Wibowo, S. H. (2023). PENDAMPINGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PUSAT KEUNGGULAN DI SMK NEGERI 5 KOTA JAMBI. ISSN, 35-44. doi:https://doi.org/10.54650/jpmtt.v3i2.519
Edi, S., Suharno, & Widiastuti, I. (2017). PENGEMBANGAN STANDAR PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI WILAYAH SURAKARTA. JIPTEK, 22-30. doi:https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14972
Fitria, Sulyono, Septilia, A., & Indera. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI BANDAR LAMPUNG. BUDIMAS, 1-7. doi:http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3508
Hapipah, R. (2021). ENGARUH KURANGNYA FASILITAS BELAJAR MENGAJAR UNTUK SISWA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN. zenodo, 1-6. doi:https:/doi.org/10.5281/zenodo.4893250
Karim, A., Susilowati, R., & Muslim. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMK se-Kecamatan Margoyoso Pati). Journal of Social Science and Teaching, 107-118.
Makhrian, A. (2022). PENGEMBANGAN PROSES PEMBELAJARAN SMK MELALUI NEW MEDIA DI KOTA BENGKULU. Kaganga, 145-153. doi:https://doi.org/10.33369/jkaganga.6.2.145-153
Mulyatno, Arierta, P., Legowo, D. K., Firman, A., & Mahendra, A. R. (2024). Pemberdayaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pelatihan Pengenalan Machine Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2899-2904. doi:https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.628
Sutarso, Y., Laga, S. A., Mukhlis, I. R., Suprianto, G., Pratama, Y. H., Natasya, A. R., & Maharani, G. D. (2023). Pemanfaatan aplikasi computer based test untuk mengukur pencapaian siswa dalam pembelajaran sekolah islam. Jurnal Inovasi Hasil pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 83-98. doi:https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.17644
Try, H., & Alit, S. (2018). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. MANPER, 79-86. doi:https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9459
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) uses a CC-BY-SA or equivalent license optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creations even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgment to the original publication from PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint, and distribute the manuscript in any medium or format.