PENITI-BANGSA

Penulis

Ferry Juliardi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Charles Marcelino Triyoso Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Alvin Surya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Hizkia Alexander Cristie Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Ali Abdul Hadi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Emmy Wahyuningtyas Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Akbar Bayu Kresno Suharso Universitas Wijaya Kusuma Surabaya https://orcid.org/0000-0003-2226-7294

DOI:

https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v3i22025.179

Kata Kunci:

Jurnal Pengabdian, Sekolah menengah, Kejuruan, Informatika, Website

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam bidang Teknologi Informasi. Program ini juga memberikan pengalaman belajar sekaligus praktik kepada mahasiswa melalui keterlibatan langsung dalam kegiatan pemberdayaan siswa di komunitas Computer Science Society, Puncak CBD Apartment No. 8D, Surabaya. Lokasi dan karakter komunitas tersebut memberikan potensi yang besar dalam memperluas wawasan serta menambah pengetahuan siswa SMK terkait perkembangan teknologi. Kegiatan yang dilaksanakan berfokus pada pelatihan pembuatan halaman web sederhana menggunakan bahasa pemrograman HTML dan CSS. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai dasar-dasar HTML dan CSS. Selain itu, peserta menunjukkan antusiasme tinggi dan mampu menerapkan materi dalam pembuatan website. Antusiasme tersebut muncul karena di sekolah asal mereka belum terdapat pembelajaran mengenai HTML dan CSS, sehingga pelatihan ini memberikan pengetahuan baru yang relevan dengan kebutuhan mereka.

Referensi

Akhimelita, L., Sumarto, & Abdullah, A. G. (2020). Model Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN, 27-33. doi:https://doi.org/10.21067/jmk.v5i1.4299

Diana, & Wibowo, S. H. (2023). PENDAMPINGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PUSAT KEUNGGULAN DI SMK NEGERI 5 KOTA JAMBI. ISSN, 35-44. doi:https://doi.org/10.54650/jpmtt.v3i2.519

Edi, S., Suharno, & Widiastuti, I. (2017). PENGEMBANGAN STANDAR PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI WILAYAH SURAKARTA. JIPTEK, 22-30. doi:https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14972

Fitria, Sulyono, Septilia, A., & Indera. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI BANDAR LAMPUNG. BUDIMAS, 1-7. doi:http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3508

Hapipah, R. (2021). ENGARUH KURANGNYA FASILITAS BELAJAR MENGAJAR UNTUK SISWA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN. zenodo, 1-6. doi:https:/doi.org/10.5281/zenodo.4893250

Karim, A., Susilowati, R., & Muslim. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMK se-Kecamatan Margoyoso Pati). Journal of Social Science and Teaching, 107-118.

Makhrian, A. (2022). PENGEMBANGAN PROSES PEMBELAJARAN SMK MELALUI NEW MEDIA DI KOTA BENGKULU. Kaganga, 145-153. doi:https://doi.org/10.33369/jkaganga.6.2.145-153

Mulyatno, Arierta, P., Legowo, D. K., Firman, A., & Mahendra, A. R. (2024). Pemberdayaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pelatihan Pengenalan Machine Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2899-2904. doi:https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.628

Sutarso, Y., Laga, S. A., Mukhlis, I. R., Suprianto, G., Pratama, Y. H., Natasya, A. R., & Maharani, G. D. (2023). Pemanfaatan aplikasi computer based test untuk mengukur pencapaian siswa dalam pembelajaran sekolah islam. Jurnal Inovasi Hasil pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 83-98. doi:https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.17644

Try, H., & Alit, S. (2018). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. MANPER, 79-86. doi:https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9459

Diterbitkan

10-12-2025

Terbitan

Bagian

Articles

##category.category##