DOI:
https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v3i12025.166Kata Kunci:
Teknologi Digital, Aplikasi Canva, Pelatihan Grafis Desain, Kreativitas, Kemampuan VisualAbstrak
Kreativitas dan kemampuan visual anak-anak merupakan aspek penting dalam perkembangan yang mempengaruhi cara mereka memahami dunia di sekitar dan mengekspresikan ide-ide. Anak-anak secara alami memiliki imajinasi yang kaya dan keingintahuan yang besar, hal tersebut dapat diungkapkan melalui berbagai media, termasuk seni visual. Dengan kemajuan teknologi digital saat ini, anak-anak semakin terpapar dengan berbagai alat dan platform digital yang menyediakan akses mudah untuk berekspresi secara kreatif. Canva merupakan platform desain grafis yang intuitif dan mudah digunakan, untuk membuat desain visual dengan cepat dan mudah tanpa perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang desain grafis. Pengenalan anak-anak pada aplikasi Canva menjadi strategi yang efektif untuk mengembangkan kreativitas sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak pelatihan menggunakan aplikasi Canva dalam meningkatkan kreativitas dan kemampuan visual anak-anak. Metode penelitian melibatkan observasi, pelaksanaan pelatihan, dan diikuti dengan evaluasi berdasarkan feedback langsung dari peserta. Dengan memanfaatkan kemudahan penggunaan Canva, anak-anak dapat belajar untuk menciptakan karya visual yang menarik dan bermakna, sehingga memperluas kreativitas dan kemampuan visual.
Referensi
APJII. (2024, Februari 7). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Indonesia Ministry of Education and Culture. (2014). Education for All (EFA) achievements, period 2000-2015 (Indonesia).
Persichitte, K. A., Suparman, A., & Spector, M. (Ed.). (2018). Educational Technology to Improve Quality and Access on a Global Scale. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66227-5
Poerna Wardhanie, A., Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170
Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(1), 42–51.
Satiti, W. S., Umardiyah, F., Hidayatulloh, F., Munfarida, N. F., Fatmawati, M., & Hanafi, A. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 105–109. https://doi.org/10.32764/abdimasif.v3i3.3260
Septiarini, A., Puspitasari, N., Gotama, Y. S., Chandra, S. B. E., Dwi, G. P., Mahardika, D. P., & Kurniawan, R. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva Untuk Mendukung Kreativitas Kemampuan Desain Bagi Siswa SMAN 4 Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 2(2), 123–128. https://doi.org/10.35315/intimas.v2i2.9033
Suharso, A. B. K., & Maliki, A. (2023). Peningkatan Potensi Masyarakat Pedesaan Menuju Desa Unggul Berwawasan Teknologi Di Desa Kedungkimpul Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan. PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat), 1(2).
Suharso, A. B. K. (2023). Pelatihan Pembangunan Toilet Sehat Untuk Masyarakat Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang. PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat), 1(2).
United Nations. (2015). 70/1. Transforming our world: the 2030 Agenda for Sustainable Development Transforming our world: the 2030 Agenda for Sustainable Development Preamble.
Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. FORDICATE, 1(2), 192–199. https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2418
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) uses a CC-BY-SA or equivalent license optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creations even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgment to the original publication from PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint, and distribute the manuscript in any medium or format.