DOI:
https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v2i12024.136Kata Kunci:
branding, IGPAUDMNU, instagram, institutional brandingAbstrak
Branding adalah definisi dan pengembangan identitas untuk sebuah merek
termasuk karakter, konten, dan hubungan dengan konsumen dalam setiap jenis
komunikasi atau interaksi. Branding Lembaga merupakan identitas suatu
Lembaga yang dapat menimbulkan persepsi di benak pembaca, yaitu mengenai
nilai, dan kualitas yang disandang oleh pemilik nama tersebut. Branding suatu
Lembaga juga menjadi cara untuk membentuk citra diri, karakter pribadi,
bidang yang menjadi keahlian dan ketertarikan serta hal khusus kepada
Masyarakat dengan tujuan untuk membentuk persepsi positif. Dalam proses
personal branding, citra diri dapat terbentuk ketika mengunggah foto dan video
di instagram.
Ikatan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Muslimat Nadhlatul Ulama
(IGPAUDMNU) merupakan perkumpulan Guru-guru Pendidikan Anak Usia
Dini yang dibawah naungan Muslimat Nadhalatul Ulama yang beranggotakan
para guru di seluruh Propinsi Jawa Timur. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan Instagram untuk peningkatan Branding Lembaga bagi IGPAUDMNU Propinsi Jawa Timur menggunakan instagram.
Metode pelaksanaan dalam pengabdian masyarakat menggunakan metode
kualitatif yang meliputi penyampaian materi, pengumpulan data dengan
wawancara. Penguraian materi dimulai dari motivasi tentang teknologi hingga
pengoperasian dan optimalisasi aplikasi nantinya. Pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara dan pengambilan dokumentasi melalui gambar-gambar
setiap sosial media yang dimiliki oleh Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
dengan akun ig ukwsmediacenter.
Kegiatan pengabdian masyarakat dapat memberikan manfaat bagi para guru
dalam hal pelayanan informasi, komunikasi, dan sarana dokumentasi setiap
kegiatan yang dilakukan oleh anak usia dini sebagai anak didik dari para
peserta yang dapat dilihat oleh semua masyarakat. Para guru dapat memahami
cara pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi, informasi, dan
dokumentasi.
Referensi
Agustinna, Kartika, Hadi Purnama dan M Sufyan Abdurrahman. 2017. Analisis Strategi Personal Branding melalui
Media Sosial Instagram. eProceeding of Management, Volume 4 Nomor 1.
Awallina Yusanda, Rini Darmastuti, George Nicholas Huwae. 2021. Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial
Instagram (Analisis Isi pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana). Jurnal SCRIPTURA, Vol.
, No. 1,
Gracial, Guna dan Deepa Viswam 2018. Freedom of Expressing in Social Media: A Political Perspective. Research
Review Journals. Volume 03, Issue 01.
Kurniawan, Puguh. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik
Burneh. Competence : Journal of Management Studies, Vol. 11 Nomor 2.
Putri Fellanny, Sinta Paramita. 2023 Analisis Digital Branding pada Media Sosial Akun Instagram. Prologia, Vol. 7,
No. 1.
Rafael, Christhoper & Dini Salmiyah. 2018. Strategi Personal branding Selebgram Non Selebriti. Profesi Humas: Jurnal
Ilmiah Hubungan Masyarakat, Universitas Telkom. Volume 2. Nomor 2.
Ramadhan, Fadli Harisa. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @mr.creampuff sebagai Promosi Dalam
Meningkatkan Penjualan. JOM FISIP, Volume 4 Nomor 2.
Ramadhanti, Tatia Ridho. (2016). Fenomena Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Personal branding. Semarang:
Unversitas Diponegoro.
Syahida, Amanah Rakhim & Fathul Qorib. 2017. Personal Branding untuk Menaikkan Pupolaritas melalui Instagram”.
Sosial Politik Humaniora, Volume 6 Nomor 1.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) uses a CC-BY-SA or equivalent license optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creations even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgment to the original publication from PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat) is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint, and distribute the manuscript in any medium or format.