Penggunaan Media Alat Peraga Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMPN 1 DOLOPO
Abstract
Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa objek matematika bersifat abstrak tidak mudah diamati oleh panca indra. Sehingga memungkinkan sebagian peserta didik sulit memahami materi matematika yang disampaikan guru. Untuk memudahkan pemudahkan pemahaman objek matematika yang abstrak, diperlukan perantara yang bersifat konkrit atau bisa diamati oleh panca indra untuk mengurangi keabstrakan tersebut. Objek matematika yang bersifat benda nyata tersebut dinamakan alat peraga pembelajaran matematika. Oleh karena itu, peneliti memanfaatkan media pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada materi bangun ruang untuk pendidikan sekolah menengah pertama. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H SMP N 1
Dolopo Madiun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari pemanfaatan media pembelajaran berupa alat peraga bangun ruang, peserta didik mencapai ketuntasan sebesar 81,25%, peserta didik yang belum tuntas sebesar 18,75%, dan peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 15,625 %. Dengan hal ini, pemanfaatan media pembelajaran berupa alat peraga matematika untuk peserta didik kelas VII efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.