Potret Kemampuan Kognitif Matematika Dan Motivasi Anak Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Fun Learning Dengan Intervensi Storytelling

Authors

  • Rini Melani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aneu Pebrianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aulia Adytia Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sabila Mukhlishonisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Darhim Darhim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Fatimah Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Fun learning, Kemampuan kognitif, Motivasi belajar, Storytelling

Abstract

Pembelajaran matematika berbasis fun learning adalah sebuah metode yang melibatkan anak untuk berperan aktif dengan suasana yang hangat dan menyenangkan, sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan dikemas dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika anak melalui storytelling. Kegiatan ini melibatkan 40 orang anak dari panti asuhan di salah satu yayasan di Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan utama PKM adalah pembelajaran matematika dengan teknik storytelling menggunakan alat peraga yang menarik. Untuk mengukur level kognitif anak pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran maka diberikan soal-soal aritmatika dari level kognitif C1 sampai level kognitif C6. Selanjutnya, untuk menggambarkan antusisme motivasi belajar setelah dilaksanakannya kegiatan, seluruh anak diberikan angket motivasi. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, anak menjadi senang dan tidak cemas dalam mengikuti pembelajaran matematika. Selain itu juga anak menjadi termotivasi dan terdorong untuk dapat bekerja sama dalam kelompok dalam menyelesaikan permalasahan matematika. Kegiatan ini pun membantu anak untuk dapat mencapai tahapan C5 (evaluasi) taksonomi Bloom dengan proses yang menyenangkan.

Author Biographies

  • Aneu Pebrianti, Universitas Pendidikan Indonesia

    Departemen Pendidikan Matematika

  • Aulia Adytia Putri, Universitas Pendidikan Indonesia

    Departemen Pendidikan Matematika

  • Sabila Mukhlishonisa, Universitas Pendidikan Indonesia

    Departemen Pendidikan Matematika

  • Darhim Darhim, Universitas Pendidikan Indonesia

    Departemen Pendidikan Indonesia

  • Siti Fatimah, Universitas Pendidikan Indonesia

    Departemen Pendidikan Indonesia

Downloads

Additional Files

Published

2024-02-25