Potret Kemampuan Kognitif Matematika Dan Motivasi Anak Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Fun Learning Dengan Intervensi Storytelling
Keywords:
Fun learning, Kemampuan kognitif, Motivasi belajar, StorytellingAbstract
Pembelajaran matematika berbasis fun learning adalah sebuah metode yang melibatkan anak untuk berperan aktif dengan suasana yang hangat dan menyenangkan, sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan dikemas dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika anak melalui storytelling. Kegiatan ini melibatkan 40 orang anak dari panti asuhan di salah satu yayasan di Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan utama PKM adalah pembelajaran matematika dengan teknik storytelling menggunakan alat peraga yang menarik. Untuk mengukur level kognitif anak pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran maka diberikan soal-soal aritmatika dari level kognitif C1 sampai level kognitif C6. Selanjutnya, untuk menggambarkan antusisme motivasi belajar setelah dilaksanakannya kegiatan, seluruh anak diberikan angket motivasi. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, anak menjadi senang dan tidak cemas dalam mengikuti pembelajaran matematika. Selain itu juga anak menjadi termotivasi dan terdorong untuk dapat bekerja sama dalam kelompok dalam menyelesaikan permalasahan matematika. Kegiatan ini pun membantu anak untuk dapat mencapai tahapan C5 (evaluasi) taksonomi Bloom dengan proses yang menyenangkan.