https://journalng.uwks.ac.id/jmer/issue/feed Journal of Mathematics Education Research 2024-04-03T02:38:05+00:00 Suhartono, S.Pd., M.Pd. suhartono_fbs@uwks.ac.id Open Journal Systems <p><strong>JOURNAL OF MATHEMATIC EDUCATION RESEARCH (JMER)</strong> is an open access journal that was published twice in <strong>Mei and November</strong> by Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, with 5- 6 articles per issue.<br /><strong>JMER</strong> Editor invites researchers, academics, observers, and students to publish and disseminate the results of research or theoretical studies / collaborative work in the fields of Mathematic Education. The incoming journal manuscript is reviewed by a blind review by mantaining quality of publications.</p> https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/118 PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 MOJOSARI 2024-01-08T03:31:53+00:00 Atik Maslakhah maslakhahatik@gmail.com Suhartono Suhartono suhartono_fbs@uwks.ac.id Sulami sulamina01@gmail.com <p>Siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Mojosari memiliki tingkat kemampuan kognitif yang beragam. Penyampaian materi didominasi metode ceramah, siswa dianggap memiliki tingkat kemampuan kognitif yang sama, sehingga perlakuan yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lain sama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA melalui pembelajaran berdeferensiasi di SMAN 1 Mojosari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan tes aspek kognitif. Hasil penelitian siklus 1, nilai rata-rata kelas belum mencapai nilai KKM 75, ketuntasan belajar siswa secara klasikal . Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai &nbsp;namun nilai rata-rata kelas . Pada siklus 3 nilai rata-rata kelas kembali mengalami peningkatan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 97%, terdapat 1 siswa yang belum tuntas, dan nilai rata-rata kelas &nbsp;Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdeferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas XI MIPA SMAN1 Mojosari</p> 2024-04-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Mathematics Education Research https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/121 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 13 SURABAYA TAHUN AJARAN 2023/2024 2024-01-08T04:48:03+00:00 Mega Ayuningtyas megaayu1996@gmail.com Fatkul Anam fatkulanam_fbs@uwks.ac.id Sri Suharti srisuharti@ymail.com <p>Penelitian dilatarbelakangi dengan permasalahan kemampuan pemahaman materi matematika di kelas VIII-B SMP Negeri 13 Surabaya yang sangat beragam. Yang dimana Ada yang memiliki kemampuan pemahaman materi rendah, sedang dan juga tinggi. Dan juga kebutuhan belajar peserta didik belum terpenuhi. Sehingga dari permasalahan tersebut mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan hasil dari posttest peserta didik. Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan peningkatan hasil belajar yang dilihat dari kegiatan pra siklus ketuntasan belajarnya adalah 24% naik menjadi 52% pada siklus I, kemudian pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 83%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan pembelajaran berdiferensiasi ini berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 13 Surabaya pada mata Pelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).</p> 2024-04-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Mathematics Education Research